2015-11-23

Panduan SEO dari Google,Wajib Anda IKUTI

Panduan seo dari google penting untuk diketahui dan diikuti oleh para blogger baik yang menggunakan self hosted maupun hosted. Dengan menggunakan panduan seo dari google maka kemungkinan artikel kita menjadi terindeks dan dikunjungi oleh visitor menjadi lebih besar. Bagi publisher adsense panduan seo dari google mempunyai manfaat yang menguntungkan. Pertama cpc dari iklan adsense akan meningkat karena google sangat menghargai visitor organik yang berasal dari google. Kedua menghindari hukuman dari google karena kita tidak tahu apa saja yang telah kita lakukan yang ternyata membuat visitor menjadi tidak nyaman datang di blog. Ebook dari Google ini mempunyai bahasa yang, menurut saya, sangat sulit dimengerti oleh blogger yang tidak mempunyai background IT. Dalam semangat berbagi saya mencoba untuk meringkas dan menuliskan kembali dalam bahasa yang lebih sederhana agar saya lebih mengerti bagaimana struktur blog yang seo friendly dan tidak melanggar ketentuan dari google. Berikut Inti dari Panduan SEO dari Google
  1. Berikan Judul Postingan/Website Yang Jelas Cobalah anda berada dalam posisi pengunjung (pastinya anda juga sering googling kan?), dan perhatikan judul website anda. Apakah judul tersebut sudah menjelaskan apa yang telah anda tulis didalam postingan? Contoh anda mencari panduan seo dan mengetikkan judul tersebut di google search, maka anda akan mendapatkan jutaan hasil untuk topik ini. Nah dari judul-judul yang tersedia di halaman hasil pencarian google anda pasti memilih judul mana yang paling mendekati apa yang sedang anda cari (dalam hal ini panduan seo dari google). Jika misalnya anda mendapatkan judul "terjemahan bahasa Indonesia panduan seo dari google" kira-kira itu sesuai dengan apa yang anda cari atau tidak? Kalau menurut saya itu sesuai dengan pencarian maka saya akan mengunjungi situs tersebut. Bagaimana jika judul yang anda temukan adalah "Panduan memulai pengoptimalan mesin telusur?" Apakah anda akan langsung mengunjungi link tersebut? Tentunya anda akan menuju link yang disediakan kalau anda berpikir itulah JAWABAN dari pencarian anda. Disinilah pentingnya sebuah judul. Dan judul link postingan atau laman statis anda disarankan untuk mempunyai kata kunci yang akan dicari oleh pengunjung di mesin pencari google. Bagaimana mengetahui informasi yang sering dicari oleh orang di mesin pencari seperti google?
    Di dalam sebuah website atau blog JUDUL ditandai dengan tag html <title>. Google akan merayapi tag html ini untuk menampilkannya di halaman pencarian. Jika menurut algoritma google Judul postingan yang kita berikan sesuai dengan pencarian yang dilakukan oleh seseorang maka blog/website tersebut akan muncul di halaman pencarian dan berada di halaman utama, sebaliknya blog/website tidak akan muncul di halaman pencarian jika informasi yang dicari oleh pengunjung tidak ditemukan oleh mesin perayap google. Jika anda menggunakan plugin YOAST maka anda akan menemukan bahwa rekomendasi judul yang harus digunakan dalam tag <title> diantara 40 sampai dengan 70 karakter. Menurut keterangan dari pembuat plugin YOAST Kalau judul artikel sebuah blog atau website lebih dari 70 karakter maka judul tersebut akan terpotong dan membuat judul blog akan dipotong oleh google.
    Baca: Memaksimalkan On Page SEO dengan Plugin YOAST
  2. Meta Description Selain judul yang menggambarkan isi dari blog / website dengan jelas, mesin pencari juga akan merayapi sebuah kode html yang tidak terlihat oleh pengunjung. Kode html yang dimaksudkan tag html <meta description> biasanya kode tersebut ditulis <meta description="DESKRIPSI BLOG/RINGKASAN ARTIKEL DI BLOG">. Dalam kode html ini blogger diminta untuk memberikan penjelasan singkat tentang isi artikel atau postingan. Saran dari YOAST, meta description digunakan mempunyai panjang paling tidak 156 karakter. Halaman Hasil Pencarian Google akan menggunakan meta description agar pengunjung dapat informasi mengenai isi dari blog/website, ataupun ringkasan dari postingan anda.
  3. Memperbaiki Struktur URL Blog/Website Panduan seo dari google menyarakankan kalau struktur urul blog/website sebaiknya menggunakan kata bukan kode-kode yang digenerate secara otomatis oleh mesin blog. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur permalink yang terdapat baik di blogger dan wordpress. Di fitur wordpress jika anda tidak mengaktifkan permalinknya berdasarkan kata maka url yang dihasilkan menjadi www.bloganda.com/p=123. Alamat seperti yang saya sampaikan inilah yang harus dihindari. Alasannya simpel, jika seseorang ingin merujuk ke postingan blog anda, maka ia akan mendapatkan kesulitan karena struktur urlnya tidak manusiawi. Efeknya anda tidak mendapatkan promosi gratis dari pengunjung anda kepada rekan-rekannya. Sebaliknya jika struktur url yang anda pakai manusiawi, maka orang yang akan memberi rujukan ke postingan atau blog anda akan lebih mudah. Url mudah diingat.
  4. Mudahkan navigasi blog/website anda Navigasi adalah salah satu cara agar visitor / pengunjung web anda dapat menjelajahi situs atau web yang anda miliki. Semakin dalam pengunjung anda menjelajahi isi blog maka akan semakin baik peringkat blog anda di sudut pandang mesin pencari seperti google. Buatlah navigasi untuk dua pengguna blog/website anda. Pertama untuk mesin pencari google. Anda harus membuat peta situs sebagai navigasi untuk mesin google. Yang kedua peta situs untuk pengguna blog. Peta situs yang anda daftarkan di google (dengan ekstensi .xml) tidak bisa anda gunakan untuk pengunjung anda.
    Baca: Cara Membuat Peta Situs
  5. Buat Konten yang berkualitas Kita, blogger, sama-sama menginginkan mendapatkan tempat paling depan jika seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencari google. Kadang kita melupakan bahwa google hanya sebuah alat sebagai jembatan antara blog yang kita kelola dengan orang yang membutuhkan informasi yang kita berikan. Panduan seo google menyebutkan kalau konten blog harus berisi informasi yang berkualitas. Jika kita hanya menggunakan kata kunci agar mesin pencari google menemukan blog tanpa menyadari informasi tersebut tidak berguna bagi orang lain, maka siap-siaplah terkena penalti dari google. Penanda blog tersebut bagus atau tidak adalah banyaknya orang yang merasakan manfaat dari blog tersebut seperti blog di share di media sosial mereka, atau blog kita dijadikan referensi di email antara rekan-rekan pengunjung atau hal lainnya.
    Baca Penalti Google untuk Blogger Bandel
  6. Buat Anchor Text yang jelas Anchor text adalah teks yang dapat diklik dan mengantarkan pengunjung ke halaman lain. Teks tersebut memberikan informasi tambahan kepada user dan juga google.
  7. Optimasikan penggunaan Gambar Gambar adalah bumbu dari postingan anda. Tanpa gambar artikel yang anda terbitkan akan menjadi sangat membosankan. Agar situs anda dapat ditemukan oleh google jangan lupa memberikan atribut "alt" agar google dapat mengetahui bahwa gambar yang anda berikan berhubungan dengan postingan yang anda terbitkan.
  8. Gunakan Heading Tags seperlunya Bayangkan anda membuat sebuah kerangka tulisan. Maka anda dapat dengan jelas memberikan informasi-informasi specifik kepada pengguna dan mesin pencari.
  9. Gunakan perintah robot.txt dengan benar perintah robot.txt harus anda gunakan dengan bijak. Jika anda tidak menggunakan perintah ini dengan hati-hati maka kemungkinan besar situs anda tidak akan terindeks di google dan tidak akan ditemukan orang jika anda mengincar pengunjung dari mesin pencari google
  10. Pergunakan rel="nofollow dengan bijak Dalam panduan seo dari google tag rel="nofollow" digunakan untuk menghentikan komentar-komentar spam. Komentar spam adalah komentar yang tidak produktif.
  11. Notifikasikan Google ketersediaan situs yang mobile anda. Penggunaan pencarian mobile saat ini banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
  12. Promosikan website anda dengan benar
  13. Kelola Blog anda dengan menggunakan tools webmaster/google search console
Demikian panduan seo dari blogger yang dapat saya sampaikan. Ringkasan mengenai panduan ini saya tulis berdasarkan pemahaman saya terhadap seo yang saya dapatkan dari beberapa artikel selain ebook panduan seo dari blogger.

Speak Your Mind
EmoticonEmoticon