2017-11-15

Cara Membuat Contact Form Buat Blogger Agar Terlihat Profesional

Di setiap website yang pernah saya kunjungi laman statis yang berjudul kontak kami/ contact us merupakan laman yang hampir pasti ada. Gunanya pasti teman-teman bisa menebak. Yaitu agar orang yang mengunjungi blog kita bisa meninggalkan pesan secara pribadi.

Saya ingin menggaris bawahi pesan pribadi disini. Kenapa? Kalau hanya untuk meninggalkan pesan untuk menanggapi artikel kita bisa melakukannya di kolom komentar yang umumnya sudah disediakan oleh para pemilik website/blog. Dan biasanya untuk meninggalkan pesan yang lebih pribadi, mungkin untuk kerjasama dan saling ngasih backlink misalnya, penggunaan kontak form khusus lebih disarankan.

Untuk buatblogger.net sendiri sudah beberapa kali mendapatkan tawaran untuk mendapatkan backlink dari beberapa blog atau website yang sedang berpromosi. Ada yang menawarkan infografis, ada yang menawarkan teks link do follow dan ada juga untuk menaruh artikel.

Di beberapa website yang profesional, laman statis contact form tersebut digunakan untuk betul-betul berinteraksi dengan calon pembeli potensial. Tapi tidak sedikit pula saya menemukan website yang hanya menyediakan formulir untuk menghubungi perusahaan tetapi perusahaan tersebut tidak pernah menanggapi pesan yang sudah dikirim.

Jadi jika teman-teman memberikan sebuah laman yang ditujukan agar para pengunjung bisa menghubungi teman-teman, baca pesannya. Sebuah tanggapan terhadap pesan tersebut akan lebih baik dibandingkan pesan yang tidak dibalas sama sekali.

Bagaimana cara membuat contact form yang profesional?

#1 Google Form

Untuk pengguna blogspot sendiri kita bisa menggunakan fasilitas dari google, yang bernama google form. Teman-teman bisa menggunakan produk tersebut dengan gratis. Asal memiliki akun gmail pastinya.


  1. Untuk membuat formulir kontak melalui google form tersebut teman-teman perlu mengunjungi laman drive.google.com. 
  2. Setelah itu teman-teman login dengan akun gmail yang dimiliki
  3. Setelah login, teman-teman klik tombol Buat > Lainnya > Google Formulir

Tab baru akan muncul dimana kita harus melakukan pengaturan terhadap formulir kontak yang akan kita sematkan ke laman statis di blog ...

... atau ke laman artikel postingan jika teman-teman menyukainya demikian.

Cara membuat formulir kontak untuk blog pribadi ataupun website bisnis dengan memanfaatkan blogger cukup mudah sebenarnya. Kita tidak perlu terlalu ahli dalam menggunakan bahasa pemograman html, css, javascript dan lain sebagainya.

Cukup dengan membuat formulir kontak yang kita inginkan, dan Google Form akan meng-handle sisa prosesnya.

Jadi ketika laman Google Formulir sudah terbuka di browser, ini yang harus teman-teman lakukan:

  • Buat nama file GForm. Tentunya jika nanti teman-teman menemukan cara lain penggunaan GForm, teman-teman pasti ingin lebih terorganisasi file yang terdapat di folder GForm. Untuk memberi nama Formulir yang teman-teman gunakan, dapat dilakukan dengan klik teks Untitled yang terdapat di kiri atas laman. Saya kali ini menamakan file formulir dengan Contoh GForm.
  • Setelah itu buatlah deskripsi formulir yang teman-teman inginkan. Misalnya: Formulir untuk menghubungi admin situs. Atau dalam situasi saya saat ini deskripsi formulirnya cukup sederhana; contoh formulir contact yang dapat digunakan oleh blogger
  • Membuat Pertanyaan untuk pengunjung. Biasanya dalam laman kontak yang saya lihat di beberapa website pertanyaan untuk pengunjung yang akan mengisi laman tersebut hanya berkisar nama lengkap, nomor telpon (Whatsapp), Email, lalu kotak komentar
  • Secara Otomatis Google akan mendeteksi apa jenis pertanyaan yang kita berikan dan juga jawaban yang akan kita harapkan dari pengunjung. Contoh: di laman kontak pastinya kita ingin tahu siapa yang menghubungi kita maka kita akan menanyakan namanya. Ketika teman-teman mengetikkan pertanyaan Harap diisi nama lengkap Anda. Google Form akan secara otomatis menyiapkan pilihan Jawaban Singkat.
  • Dibawah pertanyaan teman-teman bisa memberikan sebuah petunjuk pengisian. Selain memberikan petunjuk pengisian dengan teks, teman-teman juga bisa memberikan ilustrasi berupa gambar agar seorang pengunjung lebih mengerti dengan tindakan yang harus mereka lakukan.
  • Jika pertanyaan tersebut wajib dijawab, jangan lupa untuk di-slide tombol wajib diisi. Pengunjung tidak akan bisa submit formulir jika kolom yang harus diisi ada yang tertinggal atau kosong.
  • Dalam contoh contact form dengan menggunakan Google Formulir ini saya akan meminta pengunjung untuk mengisi tiga kolom pertanyaan yang saya ajukan. Nama Lengkap, Alamat Email, dan Pesan.
  • Setelah selesai klik tombol kirim yang ada di kanan atas dari laman Google Form Anda. Agar formulir yang dibuat di Google Form bisa kita sisipkan di laman statis dari blog, pilih metode pengiriman embed yang ditandai dengan < > 
  • copy tag iframe yang berisi link ke contact form yang anda siapkan dan masuklah ke laman statis blogger yang sudah  teman-teman siapkan.
  • pilih metode penulisan HTML, lalu tempelkan kode tersebut.
contoh contact GFORM


Sayangnya tampilan dari Google Form kalau kita embed langsung dari google terlihat sangat tidak menarik. Dan kelemahan paling mendasar ada penggunaan tag html iframe untuk form tersebut. Oleh karena itu teman-teman bisa menggunakan trik yang dimiliki oleh kang Adhy dari kompiajaib.com untuk melakukan customisasi.

#2 123ContactForm.com



Keuntungannya orang-orang yang mengontak teman-teman dengan menggunakan formulir yang disediakan di google form akan menyimpan informasi pribadi dari para pemberi pesan. Oleh karena itu sebaiknya teman-teman betul-betul menyimpan informasi tersebut dengan sangat ketat dan jaga kerahasiaannya.

Artikel Terkait

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Speak Your Mind