2015-08-26

Mengenal Fitur Pada Dashboard Blogger

Okay mari lanjut belajar blogging dengan blogspotnya.. Ini tahapan ketika anda telah berhasil registrasi alias membuat akun dan mendaftarkan blog tersebut di situs blogger.com.

laman admin blogger
admin blog
Jika anda sudah mempunyai banyak blog maka anda akan menemui beragam blog anda pada laman admin blog seperti gambar diatas. Tapi disini saya tidak akan menjelaskan lebih lanjut mengenai laman admin blog ini karena saya sudah membahasnya pada laman postingan yang ini.

Untuk mengelola akun blog anda, anda cukup klik di judul blog yang akan anda kelola.
mengelola blog belajar blogging dengan blogspot
Contohnya seperti blog belajar blogging dengan blogspot. Saya kebetulan punya beberapa blog dan saya akan mengelola satu blog saja yaitu blog belajar blogging dengan blogspot ini. Jadi saya tinggal klik judul blog lalu akan tampil laman berikut.
Laman dashboard blogger
  1. overview
  2. post
  3. pages
  4. Google+
  5. Stats
  6. Campaigns
  7. Layout
  8. Template
  9. Setting
  1. Fitur Overview
  2. menu overview
    Pada halaman fitur Overview anda akan melihat grafik statistik pageviews dari blog anda dalam bentuk statistik grafis. Pageviews adalah statistik berapa banyak visitor yang datang ke blog anda dalam periode tertentu.  Untuk blog yang baru dibuat grafik statistik belum akan terlihat garisnya. Namun hal ini juga berbeda untuk setiap alamat blog yang dipilih. Jika alamat blog yang dipilih ternyata sangat populer maka kemungkinan besar anda akan melihat adanya garis yang menunjukkan traffic yang datang di blog anda yang baru.
    Anda juga akan melihat ringkasan statistik blog yang terdapat disebelah kanan dari grafik statistik. Anda akan melihat berapa pengunjung yang datang ke blog anda, berapa jumlah postingan yang telah terbit dan berapa orang yang telah menjadi follower dari blog anda. Dibawah summary stats anda akan melihat iklan dari google.com yang berguna untuk mengelola blog, mendapatkan penghasilan dari blog, menggunakan adwords untuk meningkatkan traffic, dan lain-lain. Semua ini akan selalu berganti dalam beberapa waktu.
    Dibawah iklan tersebut anda akan melihat blogger guide. Ini adalah link menuju panduan menggunakan blogger.com mulai dari membuat konten untuk blog hingga bagaimana mendesain ulang blog atau membuat blog lebih terlihat oleh orang lain. Dibawah blogger guide anda akan melihat beberapa blogger yang baru mendaftar.
  3. Fitur Post
  4. menu posting
    Fitur Post adalah halaman dimana anda akan membuat konten untuk blog yang anda kelola. Konten yang saya maksudkan disini dapat berupa gambar, video, audio, atau tulisan atau gabungan dari contoh tersebut.
    sub menu fitur posts
    Pada halaman Fitur Post terdapat beberapa sub-halaman seperti all, draft, impor, published. All berarti anda akan melihat seluruh postingan baik itu yang sedang berada di draft, imported, dan published. Jika anda klik menu draft maka anda akan melihat tulisan-tulisan yang anda simpan dan belum dipublikasikan. Imported berarti tulisan-tulisan yang berasal dari blog lain dan belum dipublished. Published yaitu laman-laman posting yang telah anda terbitkan dan dapat dilihat oleh visitor. (Note: Jika anda tidak langsung membuat postingan baru maka selain sub-halaman all, sub-halaman lain tidak akan terlihat).
  5. Pages
  6. Ini adalah halaman statis yang direkomendasikan untuk membuat halaman kontak, tentang kami, dan lain-lain. Ada banyak kegunaan dari fitur Pages ini dan kita akan pelan-pelan mempelajarinya.
    menu page
  7. Google +
  8. fitur G+
    Fitur ini merupakan fitur yang menghubungkan antara blog anda dan akun Google+ anda. (FYI google plus semacam facebook-nya google dan sangat bermanfaat bagi perkembangan blog anda nantinya. Kita akan bahas ini lebih lanjut nanti)
  9. Stats
  10. fitur stats
    Pada halaman Stats ini anda akan mendapat rincian mengenai statistik situs. Jadi anda akan mengetahui nantinya halaman postingan mana yang paling banyak dikunjungi, dikunjungi dari negara mana saja, dengan browser apa atau dengan menggunakan smartphone apa dan lain-lain. Gunanya untuk apa? Sabar yaa, saya sampaikan nanti. 
  11. Campaign
  12. fitur campaign
    Ini adalah halaman Adwords yang ditanamkan pada Dashboard Blogger anda. Jadi jika anda ingin menggunakan fasilitas adwords, anda cukup datang ke halaman ini dan mengklik link yang akan merujuk pada halaman adwords. Apa kegunaan adwords? Nanti akan kita bahas lebih lanjut.
  13. Earning (Masih dalam kondisi hide)
  14. Inilah daya tarik untuk blogging di blogspot. Program adsense yang memberikan para blogger penghasilan yang besar hingga beberapa blogger berhenti bekerja konvensional dan menjadi blogger yang profesional. Untuk blogger baru Fitur Adsense ini belum akan aktif, jika blog anda sudah berusia 6 bulan dan sering menerbitkan postingan maka cobalah apply di program ini.  Berikut tampilan dashboard blogger yang sudah diapprove menjadi publisher adsense

    adsense menu
    adsense contoh
  15. Layout
  16. Ini adalah fitur yang diberikan secara default oleh Blogger.com agar para admin blog dapat mempercantik blog yang mereka punyai dengan beragam widget yang ditawarkan oleh blogger.
    layout
  17. Template
  18. Template merupakan desain dari sebuah blog atau website. Saat anda mendaftar anda diminta untuk memilih template default yang disediakan blogger, setelah blog anda telah terdaftar di blogger template yang didapat tadi dapat anda rubah melalui menu ini.
    Ada banyak template gratis untuk blog yang menggunakan layanan blogger. Anda tinggal gunakan google untuk mencarinya dengan kata kunci yang tepat.
    fitur template
  19. Setting
  20. fitur setting
    Fitur ini berguna untuk mengatur blog anda. Ada berbagai macam pengaturan yang harus disetting agar blog anda mempunyai visitor baik dari google maupun dari situs-situs yang anda targetkan. 
    Contoh fitur setting
Setelah mengenal fitur-fitur dari dashboard blogger ini kita akan masuk pada elemen yang juga penting dalam kegiatan blogging yaitu posting.

Artikel Terkait