2017-09-06

Cara Membuat Blog Untuk Bisnis di Blogger.com Dengan 4 Langkah Mudah

Bagaimana cara membuat blog di blogger?

Jawabnya sangat mudah. Anda cukup punya akun gmail yang aktif untuk membuat sebuah blog di google. Cara membuat blog di google sudah banyak dibahas oleh orang-orang. Tapi agar bisa menjadi sebuah bisnis yang bagus, saya akan menambahkan panduan bikin blog di blogger yang lebih baik.

Apa itu blog?

Blog adalah singkatan dari web log. Yaitu sebuah aplikasi berupa web yang mayoritas berupa tulisan, gambar, bahkan video interaktif. Penerbitan konten disebuah blog biasanya dibuat dalam urutan tulisan terbaru yang berada di paling atas kemudian diikuti oleh tulisan yang telah lama terbit. Tapi urutannya tidak selalu begitu. Beberapa CMS atau platform blogging memberikan pilihan kepada penggunanya untuk menampilkan tulisan yang lama lebih dulu baru terbitan terbaru.

Blogger.com sendiri merupakan sebuah produk yang awalnya dikembangkan oleh Pyra Labs sebelum menjadi bagian dari Google, inc ditahun 2002. Selain blogger platform penulisan online lain yang juga banyak digunakan adalah wordpress.com. Kemudahan untuk menggunakan kedua platform blogging bahkan bagi orang yang awam dengan bahasa pemograman website, menjadi alasan banyak orang menggunakan platform tersebut.

Kalau anda ingin membuat blog wordpress pelajari cara membuat blog di wordpress.

Untuk bisnis yang baru dimulai apalagi jika Anda terkendala modal, saya sangat menyarankan Anda membuat akun baru di blogger Seperti yang saya sampaikan diatas cara membuat blog untuk bisnis dengan menggunakan blogger yang akan Anda pelajari disini berbeda dengan artikel-artikel lain yang bertopik serupa.

Ada enam langkah mudah untuk membuat blog di Blogger untuk bisnis Anda:
  1. Membeli Domain Sendiri
  2. Cara Membuat Akun (Mendaftar) di blogger.com
  3. Melakukan custom domain (merubah alamat blogspot menjadi .com) 
  4. Memilih template yang mobile friendly dan responsive (Premium atau Gratis)

#1 Membeli Domain Sendiri

Seperti yang saya bilang tadi. Cara membuat blog bisnis yang saya lakukan berbeda dari orang lain yang memiliki topik serupa. Kenapa Anda harus membeli domain? Kenapa tidak menggunakan sub domain gratis selamanya dari blogger?

Berikut jawabannya:
  • Kalau Blog yang akan Anda buat sekarang bukan buat bisnis menggunakan subdomain gratis yang didapatkan dari blogger tentu tidak masalah. Tapi tujuan Anda bikin blog di google dengan blogger adalah agar bisnis Anda lebih menjangkau pelanggan, bukan sekedar menyalurkan hobi menulis atau ikut-ikutan.   
  • Ketika seseorang mencari bisnis Anda melalui google, bing, atau yahoo lalu orang tersebut menemukan solusi yang ia cari di blog Anda. Apakah ia akan langsung percaya dan memberikan uang atau informasi pribadinya kepada Anda detik itu juga? Jika Anda sendiri sulit untuk percaya dengan alamat sebuah website yang menggunakan domain gratis, tentu pengunjung anda juga. Membangun kepercayaan di dunia online itu butuh waktu sobat. Setidaknya pengalaman saya membuktikan hal tersebut.
  • Jika anda tidak beli domain dari sekarang, bisa jadi beberapa waktu dari sekarang alamat yang Anda inginkan untuk terlihat lebih profesional tersebut akan diambil orang. Pengalaman saya telat membeli domain dapat Anda ambil pelajarannya.
  • Modal beli domain murah kok, kalau lagi ada yang promo Anda bisa mendapatkan domain sendiri dengan harga 10 ribuan (ditahun pertama). Bahkan Anda bisa mendapat domain gratis diwaktu-waktu tertentu.
  • Kalau nanti anda mendaftarkan blog yang anda bangun ke Google Adsense nantinya, Anda tidak akan mengalami kerepotan seperti teman-teman saya di komunitas publisher Adsense.
Dengan memilih domain yang brandable Anda akan menjadikan blog sebagai media pengembang bisnis yang menguntungkan.

Dimana tempat membeli domain?

Berikut tempat rekomendasi untuk membeli domain yang bisa saya sarankan, beberapa dari penyedia layanan registrasi domain dibawah sudah dan/atau sedang saya gunakan saat ini.
  1. rumahweb.com (saya pelanggannya dalam satu tahun terakhir)
  2. exabytes.co.id (perusahaan baru dan pastinya punya promo menarik)
  3. dewaweb (banyak dari teman-teman saya di komunitas yang merekomendasikan, salah satu faktornya adalah customer service yang ciamik)
  4. namecheap (registrar domain luar negeri, tempatnya gTLD yang murah)
  5. godaddy (pemain lama di layanan jual beli domain dan hosting)
  6. lain-lain (Anda bisa memilih sendiri atau bertanya di komunitas blogger terdekat, kalau saya list pastinya ga kuat jari saya mengetik)
Agar domain yang anda beli langsung bisa aktif dalam beberapa waktu biasanya membayar dengan kartu kredit merupakan pilihan terbaik. Tetapi jika anda mau bersabar sedikit, Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara transfer antar bank. Bahkan di exabytes dan rumah web Anda bisa membayar domain melalui mini market seperti Alfamart dan Indomart.

Jadi ...

Sembari menunggu pendaftaran nama domain yang Anda beli dari situs yang anda pilih selesai, mari kita bikin akun untuk blog Anda di blogger.

#2 Cara Membuat Akun (Mendaftar) di Blogger.com

Syarat mendaftar di blogger sangat mudah. Anda cukup mendaftar di situs blogger dengan menggunakan akun GMAIL.

Bagi yang menggunakan akun email dari situs lain, mau tidak mau Anda harus membuat email di google. Karena sudah milik Google, Inc pendaftaran di Blogger tidak bisa menggunakan akun email dari situs lain.

Setelah Anda mendaftarkan akun gmail di situs blogger, klik tombol buat blog baru.



Isikan judul dan alamat blog yang akan digunakan sementara waktu.


Pastikan Judul dan alamat blog yang anda gunakan sementara mencerminkan keseluruhan bisnis Anda. Mungkin penyampaian dengan contoh akan lebih baik.

Contoh: Bisnis Anda adalah jual beli mainan anak-anak. Maka usahakan di

Judul Blog: Mainan Anak-Anak Aman dan Murah
Alamat: mainananak.blogspot.com

Note:

Yang paling tricky saat membuat akun baru di blogger adalah mendapatkan alamat dengan subdomain gratis. Karena kita akan mengubah subdomain tersebut menjadi domain sendiri, asal mendapat alamat blogspot saja menurut saya sudah cukup.

Setelah mendapatkan alamat (sementara) untuk blog didaftarkan, maka langkah selanjutnya adalah memilih template untuk blog Anda.

FYI untuk blogger template berarti tampilan blog bisnis Anda nantinya. Template ini bisa diubah kapan saja. Untuk pertama kali lebih baik Anda gunakan template baru blogger yang berjudul Contempo dan Soho. Saya menilai keduanya memiliki tampilan yang sangat dinamis dalam artian ketika pengunjung anda berkunjung ke blog, entah itu dari komputer/laptop atau dari hape/tablet, tampilannya akan tetap sama.

Tips: Bagi yang membuat blog di blogger dengan membuat akun gmail baru, saran saya catat alamat email berikut passwordnya dan simpan di tempat aman yang dapat dengan mudah Anda jangkau.

Sekarang Anda telah menyelesaikan tahap kedua. Untuk melanjutkan ke langkah ketiga pastikan kalau domain Anda telah aktif alias dapat digunakan untuk custom domain.

#3 Cara Custom Domain Blogspot

Saat anda sudah melihat kalau domain yang Anda beli dari situs penyedia domain yang anda pilih sudah aktif. Saatnya merubah alamat subdomain blogspot menjadi domain Anda sendiri.

Untuk menyelesaikan langkah ketiga cara membuat blog di blogspot ini, pastikan anda buka dua tab di peramban yang Anda gunakan. Satu tab untuk blogger, dan satu tab lagi untuk situs dimana Anda telah membeli domain.

Login ke dua situs tersebut diatas.

Saya akan mencontohkan dengan menggunakan domain yang saya miliki dari situs exabytes.

#3.1 Menggantikan subdomain blogspot dengan alamat domain sendiri

Masuk ke dashboard blog yang didaftarkan.

Pada bilah kiri terdapat beberapa menu. Pilih Setelan > Dasar > Publishing.
cara membuat blog di blogger dengan custom domain untuk domain sendiri
dashboard blogger untuk mengubah alamat blogspot menjadi domain sendiri
Klik url berjudul +siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.

Setelah Anda klik link dengan judul diatas, maka anda akan diminta untuk mendaftarkan domain anda sendiri di kotak seperti gambar dibawah

Masukkan domain Anda di kotak yang disediakan. Sertakan "www" saat mengetikkan domain Anda tersebut. Lalu pencet tombol SAVE.

Setelah menekan tombol save/simpan, Anda akan menemukan pesan kesalahan dari sistem blogger. Isi pesan tersebut menyebutkan sistem blogger tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain yang digunakan. Agar sistem google bisa memverifikasi url yang Anda daftarkan itu milik Anda caranya adalah dengan menambahkan CNAME yang diberikan oleh sistem google ke DNS situs penyedia domain Anda.


Pada titik ini, Anda masuk ke situs penyedia domain (dalam panduan cara membuat blog saya masuk ke situs exabytes. Anda juga harus login ke panel member situs penyedia domain Anda sendiri).


#3.2 Mengganti/Menambahkan dua CNAME di DNS yang terdapat di registrar

Pertama login ke akun exabytes
halaman login situs exabytes
Masukkan email dan password untuk mengakses Client Area exabytes.

Pilih Fitur Domain, dan kemudian tekan tombol Domain.

Klik tombol Add New Zone.

Pada kotak Add Zone, masukkan alamat domain Anda lalu klik tombol hijau Add Zone.


Setelah itu zone baru akan tercipta dan untuk memasukkan dua CNAME yang diberikan oleh blogger tadi Anda klik icon pensil di sebelah kanan bawah.

Jika Anda juga menggunakan exabytes sebagai penyedia domain level atas lanjutkan dengan menghapus Type A dan Type CNAME default. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut:

Untuk isi TYPE A pada kolom name adalah nama domain Anda. Di kolom RDATA berisi angka berupa IP Address dari domain Anda contoh:123.45.678.900.

Untuk Type CNAME pada kolom name adalah nama domain Anda dengan tambahan www didepannya, dan di kolom RDATA namadomain.

Setelah menghapus kedua Type A dan Type CNAME default maka tambahkan record baru dengan cara menekan tombol Add New Zone. Setelah menekan tombol tersebut maka akan muncul kotak yang harus diisi seperti gambar dibawah


Nah balik lagi ke tab blogger, tambahkan dua CNAME yang diberikan oleh google. Gambar diatas untuk masukkan Type CNAME www. Untuk CNAME kedua caranya pada gambar berikut:


Khusus untuk CNAME kedua ini, pastikan Anda tidak copas dari gambar ya, karena blogger secara otomatis akan memberikan kode unik khusus untuk blog Anda.

Setelah memasukkan dua CNAME tersebut, tambahkan 4 DNS google berikut ini:

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Kalau Anda membeli domain di rumahweb.com, settingan untuk custom domain blogspot ini hanya dengan 1 kali klik tombol setting blogspot dan menambah CNAME dengan kode unik tersebut di menu Add Zone.

Setelah semua pengaturan DNS di registrar selesai, balik lagi ke tab blogger.

Masukkan lagi domain Anda di kotak alamat yang tadi (ingat dengan "www") lalu tekan tombol simpan (lagi).

Jangan lupa.

Tekan tombol edit dan kemudian klik kotak kecil disamping pesan Alihkan [namadomainanda.com] ke www.namadomainanda.com.


Maksudnya ketika seseorang ingin kembali ke blog Anda tapi lupa mengetikkan "www" maka si pengunjung ga bakal tersesat ke blog atau website lain, tapi langsung menuju alamat www.namadomainanda.com.

Setelah anda centang kotak kecil itu langkah ketiga dari enam langkah cara membuat blog di blogspot telah selesai.

#4 Memilih Template Blogger Yang Mobile Friendly dan Responsive

Pada saat mendaftar di blogger pertama kali, Anda sudah memilih template yang disediakan oleh situs tersebut.

Sebenarnya template default (bawaan) blogger tersebut sudah cukup untuk digunakan ngeblog, hanya saja tampilannya kadang kurang memuaskan. (Kalau Anda puas dengan tampilan website dengan template bawaan dari blogger, lewati langkah ini)

Sedikit informasi kenapa saya sarankan template blog Anda di blogger mesti punya dua karakter tersebut:
  1. Sekarang hampir semua informasi yang dicari oleh orang di dunia ini menggunakan smartphone. Menggunakan template yang mobile friendly berarti kesempatan blog Anda dikunjungi lebih besar oleh para pencari informasi melalui google atau bing. 
  2. Smartphone yang digunakan oleh para pencari informasi melalui google atau bing beragam jenis dan fitur yang disediakannya. Oleh karena itu tampilan web Anda harus bisa menyesuaikan atau beradaptasi dengan gadget/gawai yang digunakan oleh pengunjung. Hal ini akan membuat pengunjung nantinya lebih betah untuk berada di blog Anda.
Dimana Anda akan menemukan tempat untuk mendapatkan template blog yang mobile friendly dan responsive tersebut?

Beberapa situs penyedia template blogger yang dapat digunakan secara gratis (dan sering saya gunakan untuk blog) adalah:

  • Idnthemes
  • Kompi Ajaib
  • Evo Themes
  • Envato Market
  • dan masih banyak lagi 
Cara membuat blog Anda tampil dengan template yang telah dipilih, dapat dibaca lebih lanjut tulisan saya merubah template blog.

Sekarang Anda telah menyelesaikan cara membuat blog di blogger, langkah selanjutnya adalah menerbitkan artikel yang telah dipersiapkan saat menunggu domain Anda bisa digunakan.

Artikel Terkait

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Speak Your Mind