2017-10-04

Domain Gratis Terbaik 2017 (TLD Dot NET Plus 5 Akun Email) DAHSYAT!!!

banner domain gratis program exabytes.co.id
program domain gratis exabytes.co.id
Setiap blogger pasti ingin mendapatkan domain gratis selamanya tanpa syarat. Entah itu blogger udah lama ngeblog atau blogger yang baru mulai ngeblog. Kalau teman-teman mendapatkan ada registrar yang ngasih domain gratis seperti yang dilakukan oleh exabytes saat ini, manfaatkan saja dan lakukan hal-hal yang bisa membuat domain gratis tersebut menjadi milik teman-teman selamanya. Semoga kisah saya mendapatkan domain gratis terbaik saat mencari penyedia domain gratis 2017 bisa membantu teman-teman blogger.

Gimmick marketing menawarkan domain gratis selamanya ini bukan hal baru. Ketika saya baru mengenal dunia blogging di tahun 2008 strategi pemasaran memberikan domain free sudah banyak digunakan. Contohnya sebuah perusahaan bernama hyperwanable. Saya kebetulan mengenal kisah seorang blogger yang berharap mendapatkan domain gratis selamanya namun akhirnya harus membeli domain tersebut dari hyperwanable. Blogger tersebut berasal dari Bandung. Saya mengenalnya dengan nama kang hakim.

Jadi kang hakim mendapatkan domain com gratis setelah melalui persyaratan yang diberikan oleh hyperwanable. Ia menggunakan situs tersebut untuk blogging dan juga mencari uang melalui berbagai program monetisasi. Setelah beberapa tahun menggunakan domain gratis tersebut, tiba-tiba kang hakim mendapatkan email notifikasi dari hyperwanable kalau domain yang beliau gunakan harus ditebus atau tidak bisa digunakan sama sekali. Saya lupa alasan yang diberikan hyperwanable di email yang diterima oleh si akang.

Besoknya saya mendapatkan email dari kang hakim untuk membantu beliau mengumpulkan uang untuk mempertahankan domain yang selama ini telah menjadi penghasil uang tambahan. Metodenya menggunakan donasi melalui paypal karena pembelian domain yang digunakan bisa menggunakan alat pembayaran online tersebut. 

Singkat cerita donasi yang digalakkan oleh kang hakim ke beberapa teman blogger bisa mengumpulkan uang untuk membeli domain yang ia dapatkan secara gratis dari hyperwanable. Kemudian si akang mentransfer domain ke registrar lainnya.

Dari pengalaman pemilik hakim.com tersebut saya lebih berhati-hati dalam mengikuti sebuah program pemasaran di internet. Makanya saat saya menemukan informasi tentang domain gratis exabytes, saya langsung menggunakan fasilitas chatting yang tersedia di situs tersebut untuk menanyakan hal-hal penting tentang Program Grow.

Saat saya mencari promo domain gratis 2017 di google, saya merasa tertarik dengan penawaran Exabytes. Setidaknya di landing page perusahaan web hosting Indonesia tersebut saya tidak menemukan janji yang terlalu muluk seperti domain gratis selamanya tanpa syarat, seperti web hosting Indonesia yang lain.

Memiliki domain gratis selamanya itu mungkin tapi bukan tanpa syarat. Lihat saja setiap penawaran penyedia jasa hosting yang bisa teman-teman cari di google. Umumnya teman-teman akan memiliki domain yang dipilih secara gratis JIKA teman-teman membeli sebuah paket hosting yang ditawarkan. Selama teman-teman menggunakan paket hosting dari penyedia hosting web tersebut, maka domain akan selalu bisa menjadi brand milik kita. Kalau kita berhenti berlangganan paket hosting, ada yang mentransfer domain ke situs lain ada yang terpaksa merelakan domain yang ia kelola menjadi milik si perusahaan hosting.



Menurut saya setelah mendapatkan domain gratis terbaik dari Exabytes di tahun 2017 sebaiknya teman-teman mempertimbangkan beberapa hal berikut dalam mengikuti program domain gratis.

  • Berpikir secara logis. Coba posisikan diri teman-teman di perusahaan penyedia domain gratis tersebut. Sebagai sebuah bisnis perusahaan yang memberikan domain gratis untuk teman-teman tanpa batas waktu pasti akan menginginkan imbal balik atas domain yang diberikan.
  • Apakah teman-teman bisa memberikan imbal balik atas pemberian domain gratis oleh perusahaan web hosting? 
  • apa keuntungan yang akan dapat teman-teman berikan untuk perusahaan setelah memberikan domain free kepada blogger yang ditunjuk
  • Apakah sudah seimbang tidak biaya domain yang ditanggung perusahaan dengan profit atau penjualan produk web host tersebut ke blogger yang ditunjuk

Kalau saya sadar diri. Saya bukanlah seorang influencer dalam arti ketika saya menulis artikel atau memposting status di medsos, lalu ada orang yang melakukan action untuk menjadi keuntungan bagi si pemberi domain gratis. Jadi saya hadapi realita dibandingkan dengan berharap yang terlalu muluk-muluk. Siapkan dana untuk domain gratis .net yang saya dapatkan dari exabytes. Tidak mengeluarkan biaya untuk domain ini di tahun pertama harus saya syukuri. Soalnya saya jarang menang untuk hal-hal seperti ini (mendapatkan domain gratis terbaik).

Dalam pencarian untuk mendapatkan domain gratis dari beberapa perusahaan hosting di Indonesia selama ini, saya tergolong orang yang tidak beruntung. Maksudnya? Beberapa kali saya mengikuti program bagi-bagi hosting gratis dari perusahaan web hosting yang ada saya diminta untuk menjadi sales dan mempromosikan perusahaan web hosting tersebut di medsos saya.

Karena saya bukan seorang Influencer, sesering apapun saya mempromosikan link referal untuk web host tersebut yang beli paketan hosting bakalan nol. Dan saya tidak mendapatkan domain yang saya inginkan. Ini juga sebelum saya mengenal cara mempromosikan bisnis lewat media sosial juga. 

Makanya ketika saya mendapatkan informasi kalau ada web hosting Indonesia menawarkan domain gratis selama setahun, kesempatan itu saya ambil.

Mendapatkan Domain Gratis NET dari EXABYTES

Saat mencari informasi tentang domain .id gratis yang digagas oleh KOMINFO, saya tidak sengaja membaca sebuah artikel dari CNN Indonesia yang membahas Program GROW Exabytes. Di artikel CNN Indonesia tersebut yang saya tangkap kalau Program Grow yang dimiliki perusahaan web hosting Indonesia yang baru berdiri tersebut hampir memiliki kemiripan dengan program KOMINFO, satu juta domain gratis indonesia (anything .id).

Program GROW menargetkan pasar pelaku UKM di Indonesia yang belum memiliki website. Dan dari artikel CNN Indonesia tersebut saya membaca kalau domain gratis yang diberikan oleh exabytes bervariasi.

Pada kesempatan pertama domain gratis yang diberikan kepada pelaku SME Indonesia adalah domain anything id. Bulan Maret 2017, program GROW memberikan domain .com gratis. Dan ketika saya mengunjungi website Program Grow, exabytes memberikan kesempatan untuk mendapatkan domain .net gratis.

Iseng saya pun mencoba peruntungan di program exabytes tersebut.

Pertama untuk menguji apakah benar nantinya saya akan mendapatkan domain gratis seperti yang diiklankan. Kalau hanya gimmick untuk mendapatkan email newsletter berisi pendaftaran, saya akan berhenti berlangganan setiap waktu.

Kedua kalau ternyata rezeki saya (mendapatkan domain gratis), lumayan untuk ternak blog yang diisi dengan iklan adsense.

Dan Alhamdulillah di tahun 2017 ini merupakan kali kedua saya mendapatkan domain gratis.

Domain gratis pertama yang saya dapatkan di tahun 2016 lalu ketika Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) mempunyai program yang bernama 1 juta domain ID. Program ini menyasar pada pemilik Usaha Kecil dan Menengah agar mereka bisa lebih beradaptasi dengan perubahan zaman.

Saya pun mendaftar dengan tujuan untuk buat toko online.

Tapi karena hosting yang digunakan tidak biasa saya pergunakan, saya pun akhirnya memilih untuk memaksimalkan domain gratisnya saja. Menurut saya blogger pun harusnya masuk dalam kategori Small Medium Enterprise karena beberapa blog yang saya ketahui mempekerjakan penulis, seperti blog maxmonroe.

Saya kurang tahu apakah program free domain indonesia yang digalakkan oleh KOMINFO tersebut masih ada atau tidak, kalau teman-teman berminat. Coba saja cek apakah program tersebut masih ada di link berikut.

Kalau ternyata programnya sudah tidak jalan. Coba aja ikutin Program GROW dari Exabytes.

Apa itu Program GROW?

Program Grow merupakan sebuah program yang ditawarkan web hosting Indonesia, Exabytes, kepada para pelaku UKM di Indonesia yang belum memiliki akses untuk memasarkan usahanya melalui internet secara luas. 

Pada dasarnya program Grow ini memberikan hosting email dan domain gratis untuk pesertanya. Hosting gratis unlimited berupa email yang dapat digunakan maksimal 5 akun. Peserta bisa memberikan 5 akun ini kepada para karyawan yang memiliki atau menggunakan email sebagai pseudonym dalam mengelola bisnisnya secara online.

Sehubungan dengan promo domain .id gratis seperti yang saya sampaikan diatas sudah habis berikut promo domain com gratisnya, maka saat ini yang tersisa adalah domain net. Menggunakan domain net sebagai alamat domain masih worthed untuk digunakan karena para pemasar internet marketing menyarankan setidaknya tiga domain TLD yang harus digunakan, .COM, .NET, dan .BIZ. Karena program Grow memberikan domain .net gratis, jadi maksimalkan saja.

Satu email untuk super admin yang mengelola 4 akun email lain. 4 email lain ini bisa dibreakdown untuk:
  1. kerjasama antar pedagang (cross selling atau bundling), 
  2. email khusus untuk pembeli di marketplace
  3. email khusus untuk pembeli di sosmed
  4. email khusus untuk pembeli di website/blog
Menarik bukan? Nah ini cara membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya (on going concept, stay tuned)

7 Langkah Mendapatkan Domain Gratis .NET di Exabytes

Untuk mendapatkan domain gratis dengan TLD .net dari exabytes teman-teman bisa mendaftar di program Grow. Tapi ada syaratnya...

Persyaratan untuk mendapatkan domain gratis di program Grow dari web host exabytes.co.id yaitu:
  1. Blog yang akan teman-teman daftarkan HARUS sudah aktif sebelum tanggal 1 Januari 2017
  2. Mengisi form pendaftaran yang tersedia di link exabytes dengan memberikan data identitas yang valid
  3. Nama domain yang diajukan sesuai dengan Blog yang telah terbit
Saya ingin fokuskan ke poin nomor tiga (3). Blog saya sendiri mendapatkan alamat belajarbloggingdengan.blogspot.com, maka domain yang saya ajukan ke exabytes harus mendekati alamat blog sebelumnya. 

#1 Langkah pertama untuk mendapatkan domain gratis dari exabytes melalui program grow adalah dengan mendaftarkan diri melalui link berikut
#2 Selanjutnya, masukkan domain yang diinginkan pada kotak pencarian dan klik tombol cek. Jika domainnya tersedia, lanjutkan ke langkah berikutnya

#3 Daftarkan alamat blogspot teman-teman pada kolom tambahan informasi yang diperlukan. setelah itu klik tombol lanjutkan.

#4 Pada step Konfigurasi, klik tombol hijau lanjutkan

#5 Di proses konfirmasi pemesanan, pastikan nama domain .net yang teman-teman pilih dan juga total tagihan yang muncul adalah 0 (baca: nol). Setelah memastikan dua hal tersebut baru klik tombol bayar.

#6 Langkah terakhir adalah Check Out. Isi formulir yang tersedia dengan lengkap sebelum menekan tombol complete order.

#7 Setelah sistem exabytes grow menyelesaikan proses pendaftaran, maka teman-teman tinggal pantengin email konfirmasi dari exabytes.

Saya mengatakan domain buatblogger.net yang saya dapatkan dari program exabytes merupakan domain gratis terbaik bukan tanpa alasan sama sekali. Jika teman-teman ngeblog sudah lama, mungkin cara saya mendapatkan domain terbaik ini  bisa teman-teman lakukan juga.

Jadi sebelum saya mendaftarkan nama domain yang akan saya gunakan kepada pihak exabytes, saya melakukan riset dulu dengan menggunakan google search console dan keyword everywhere. Dengan menggunakan kedua tools gratis tersebut saya melihat kata kunci buat blogger yang memiliki rata-rata pencarian per bulan secara global mencapai 1k.

Ketika saya mencoba mendaftarkan buatblogger.net di program domain gratis dari exabytes ternyata domainnya tersedia. Saya beruntung tapi juga was-was. Alasannya bisa dilihat di tulisan memilih domain jangan ngasal.

Setelah 7 langkah pendaftaran program GROW diatas, exabytes akan menerima email selamat datang yang berisikan informasi login ke member area. Segera login ke member area exabytes dan pastikan kalau tagihan yang diterima NOL.

Teman-teman juga akan melihat status dari domain gratis yang didaftarkan masih dalam status pending. Pada menunggu domain aktif, jangan sampai lupa untuk cek email terus. Karena nanti ICANN akan mengirimkan email kepada teman-teman untuk konfirmasi kepemilikan domain yang didaftarkan melalui exabytes melalui program GROW.

Saya sendiri mendapatkan konfirmasi domain .net aktif dalam jangka waktu kurang lebih 1 x 24 jam setelah mendapatkan email dari ICANN.

Setelah verifikasi tersebut langkah selanjutnya adalah ikuti cara mengganti domain blogspot menjadi .net gratis yang sudah kamu dapatkan.

Artikel Terkait

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Speak Your Mind