2017-08-24

Memilih Nama Domain Jangan Ngasal! Ini Yang Harus Kamu Perhatikan

memilih domain yang akan didaftarkanMemilih domain sebagai alamat blog atau website seringkali tidak dipersiapkan dengan matang oleh seorang blogger yang baru terjun ke dunia blogging.

Padahal domain yang akan digunakan tersebut tidak hanya alamat agar blog ditemukan, lebih dari itu domain akan menjadi sebuah brand dimana pengunjung akan selalu mengingat blog yang bersangkutan.

Mungkin ada teman-teman yang tidak asal pilih nama domain saat registrasi di blogger.com atau wordpress.com. Sejak berniat bikin blog mereka sudah tahu apa judul dan alamat blog yang akan digunakan.

Tetapi tipikal blogger seperti hanya sedikit jumlahnya.

Mayoritas blogger yang membuat blog rata-rata memilih domain blog setelah ditodong pertanyaan dari platform yang mereka gunakan.

Untuk blogger yang baru akan mulai ngeblog, setidaknya cobalah belajar dari kesalahan saya dan kebanyakan blogger lain dalam memilih domain blog yang akan digunakan.

Berikut beberapa tips memilih domain untuk blog/website Anda berdasarkan beberapa artikel yang saya baca dan juga pengalaman saya dalam mencari domain terbaik untuk blog saya.

#1 Orang mudah mengingat 2/3 penggalan kata ATAU 2/3 Kata


ekspresi kamu sama gak?
Apakah Anda sulit untuk mengingat nama seseorang?

Jika jawabannya iya mungkin Anda saat berkenalan belum betul-betul kenal dengan orang baru tersebut. Menurut profesor psikologi di Kansas State University, anda melupakan nama orang yang baru dikenal tersebut dikarenakan tingkat ketertarikan Anda terhadap orang baru itu masih rendah.

Lalu apa hubungannya dengan memilih domain?

Anggaplah domain yang anda pilih adalah nama alter Anda di dunia maya. Ketika pengunjung datang ke blog Anda dan membaca artikel yang Anda tulis, apakah pengunjung tersebut akan tertarik untuk mengingat alamat blog Anda atau malah ia akan melupakan blog Anda selamanya.

Jika domain adalah brand Anda sendiri, maka agar pengunjung yang datang ke blog bisa dengan mudah mengingat alamat blog disarankan untuk menggunakan tiga penggalan kata (gresik.co).

Coba anda perhatikan website atau blog yang selalu Anda kunjungi. Ada berapa kata yang bisa dipenggal dan kenapa Anda bisa mengingatnya dengan mudah, tanpa harus menggunakan google untuk mencari alamat blog/website tersebut?

Website dan blog yang sudah memiliki traffic jutaan pageview setidaknya mempraktekkan rumus 2-3 penggalan kata ini. Contoh nama website yang bagus: detikcom (de-tik), kompascom (kom-pas), kandra.id (kan-dra), sugengid (su-geng).

Saya sendiri merasakan lebih mudah untuk mengingat dua hingga tiga penggalan kata. Bagaimana dengan teman-teman?

Kalau nama domain yang dipilih sudah didaftarkan oleh orang lain, siapkan nama domain yang unik lain. Contoh nama domain yang unik yang pernah saya temukan adalah alewohcom, omteloletblogcom, klinikhpcom, juragancipircom dan ma.tt

Itu blog dari teman-teman saya di komunitas adsense. Saya sendiri sering bertanya-tanya kok bisa mereka mendapatkan nama domain unik tersebut untuk blog mereka.

#2 (Sebisanya) Pilih TLD Terpopuler .COM atau .NET


contoh promo domain .COM dari exabytes
Kalau teman-teman masih saja menggunakan subdomain blogspot untuk blog yang digunakan untuk menghasilkan uang dari google adsense, bersiap-siaplah untuk kecewa jika suatu saat ingin mendapatkan domain yang teman-teman inginkan.

Berikut alasannya:

Beberapa portal berita Indonesia melansir data Domain TLD yang paling banyak digunakan oleh orang beberapa hari yang lalu. Data tersebut berasal dari press release Verisign, sebuah situs pendaftaran nama domain dan keamanan global.

Disebutkan dalam press release tersebut kalau saat ini sudah ada 1.3 juta domain terdaftar di Internet pada kuartal I tahun 2017. Total domain tingkat atas yang terdaftar di situs tersebut adalah 330,6 juta domain.

Teman-teman pasti sudah mendapatkan informasi kalau domain yang paling disarankan untuk digunakan adalah Domain TLD dengan ekstensi .COM dan .NET.

Perhatikan!

Untuk domain TLD .COM pendaftarannya sudah mencapai 128.4 juta nama dan .NET 15,2 juta nama.

Jadi kebayangkan kalau ga cepat-cepat mendaftarkan domain yang diinginkan dalam waktu singkat.

Untuk mendapatkan domain yang saya inginkan, kandra.id, saya harus menunggu hampir 7 tahun lamanya. Kenapa?

Karena domain ekstensi .COM dan .NET untuk nama saya tersebut sudah digunakan orang lain!

Kebayang gak nyesek-nya perasaan saya?

Apalagi domain itu terparkir alias tidak dimanfaatkan dan kalau tetap ingin menggunakan domain yang dipilih tersebut teman-teman harus mengeluarkan modal hingga belasan juta rupiah.

Domain yang teman-teman daftarkan itu seperti investasi di bidang properti. Pokoknya klaim dulu, pembelinya nanti akan datang sendiri.

Harga beli domain dengan ekstensi .COM dan .NET itu sangat murah dibandingkan dengan rokok sebungkus yang dibeli setiap hari (kalau ada teman-teman yang merokok ya).

Apalagi jika ada promo domain .com yang pasti ada di setiap waktu. Seperti yang diberikan oleh rumahweb.com (tempat 5 domain saya saat ini) dan juga exabytes.

Kalau dikelola dengan baik saya yakin biaya perpanjangan domain yang dibeli dari promo yang diberikan registrar tidak akan membuat teman-teman merasa berat.

#3 Pilih Domain Berdasarkan Riset Keywords

kamus, tempat terbaik untuk mencari ide

Setidaknya saya memperhatikan beberapa teman-teman blogger, memanfaatkan hasil riset keywords untuk menentukan nama domain blog mereka.

Contoh nama domain yang bagus berdasarkan hasil riset keywords adalah portal arrahmahnewscom.

Portal arrahmahnewscom merupakan portal berita yang umurnya lebih muda dibandingkan dengan arrahmahcom.

Karena arrahmahcom sudah lebih dahulu eksis dan memiliki pengunjung cukup banyak dari mesin pencari maupun dari saluran lainnya, sepertinya pemilik dari arrahmahnewscom memanfaatkan hal tersebut.

Mungkin saja (ingat loh ini hanya asumsi saya saja), pemilik arrahmahnews com melakukan riset terhadap arrahmahcom dengan menggunakan seo tools yang dimilikinya.

Saat mengetahui jumlah traffic arrahmahcom cukup signifikan dan kata kunci news menjadi saluran organik untuk mendapatkan traffic website tersebut, pemilik arrahmahnewscom langsung cek ke perusahaan webhost yang ia percaya.

Saat menemukan kalau domain arrahmahnews com ternyata belum didaftarkan maka si pemilik langsung mendaftarkan domain tersebut.

Memilih domain setelah melakukan riset yang mendalam terhadap industri yang akan dimasuki merupakan sebuah langkah tepat yang harus teman-teman lakukan.

Hanya saja langkah ini beresiko.

#4 Hindari Penggunaan Exact Match Domain (EMD)


Exact Match Domain, kalau kata mas sugeng, adalah domain yang didaftarkan berdasarkan keywords yang ingin ditembakkan.

Susah juga saya membahasakannya. Mungkin dengan mengikutkan penjelasan dari mas sugeng, teman-teman bisa memahami.

Jadi untuk membuat blog yang sukses (dalam arti: traffic sampai ratusan/ribuan/jutaan per hari dan juga mendapatkan penghasilan yang lebih besar dibanding pekerja kantoran) salah satu tips LAMA yang diberikan oleh internet marketer adalah memilih domain yang sama persis dengan data pencarian rata-rata per bulan keyword planner.

Contoh:

Teman-teman ingin membuat blog yang menjual produk afiliasi hosting (komisinya lumayan gede) dan setelah melakukan riset keywords di google adwords planner, teman-teman mengetahui kalau keywords “hosting murah gratis” memiliki data pencarian rata-rata per bulan 1000.

Dengan data tersebut teman-teman kemudian ke registrar yang dipilih lalu mendaftarkan domain dengan nama hostingmurahgratis com.

Mas sugeng menyarankan agar teman-teman menghindari memilih domain EMD tersebut (hostingmurahgratis com). Alasan mas sugeng menyarankan hal ini karena domain EMD dikategorikan sebagai website/blog dengan kualitas rendah di hasil pencarian.

DULU, dengan domain EMD sebuah website atau blog bisa muncul di halaman pertama google tanpa mendapatkan backlink dari situs mana pun. Tapi, karena kebanyakan domain EMD itu dikategorikan sebagai teknik webspam.

Dan seperti kita semua, google TIDAK SUKA dengan SPAM.

Makanya di artikel tips memilih domain, mas sugeng lebih menyarankan untuk memilih domain pada poin pertama. Kalau teman-teman butuh inspirasi memilih nama domain silahkan cek tulisan cek keyword google.

Nama website keren dimana keywords masuk ke dalamnya menurut saya adalah portal-uangcom, dapur-uangcom, buatblogger.net, dan lain sebagainya.

#5 Hindari Memilih Domain Yang Terdaftar Sebagai Merek Dagang

merek dagang internasional

Resiko yang diambil oleh pemilik arrahmahnews com menurut saya karena alasan merek dagang.

Hingga saat ini saya belum tahu kalau situs arrahmahcom sudah mendaftarkan merek arrahmah tersebut di HAKI sebab kalau sudah pastinya pengelola situs arrahmah bisa menggugat pemilik arrahmahnewscom dengan undang-undang perlindungan merek dagang.

Mungkin kasus penggunaan merek dagang netflix com yang pernah terjadi di Indonesia menjadi pelajaran yang berharga bagi teman-teman yang akan memilih domain.

Saya menemukan kasus ini di situs pandi.

Kronologisnya sebagai berikut:

Ketika domain ccTLD Indonesia baru muncul, ada registrant yang mendaftarkan domain netflixid.

Saya kurang tahu apakah registrant tersebut mengetahui atau tidak kalau di Indonesia ada Undang-Undang merek dagang.

Netflix sebagai pemegang merek dagang dengan alamat resmi netflix com merasa domain netflix id ini mengancam bisnis mereka dan pelanggan mereka.

Lagi-lagi saya kurang informasi apakah pemilik domain netflix id dan Netflix, Inc pernah melakukan mediasi atau tidak.

Di artikel tersebut disebutkan perkara nama domain netflix akhirnya masuk ke ranah peradilan. Di pengadilan pemilik nama domain netflix id diminta untuk memberikan domainnya ke Netflix com, dan Netflix, inc sebagai pemilik merek dagang harus memberikan kompensasi kepada pemilik netflix id.

Tidak disebutkan berapa kompensasi yang diterima oleh pemilik netflix id. Mungkin saja nilainya cukup untuk membuat website baru dengan menggunakan paket hosting Virtual Private Server.

#6 Hindari Menggunakan Domain Gratis Freenome (.TK/.GA/.ML)

freenome, penyedia domain gratis

Siapa sih yang ga suka dengan gratisan?

Saya sendiri menyediakan email khusus untuk mendapatkan ebook gratisan dari berbagai website yang dikelola oleh internet marketer bule.

Tujuannya:

Buat belajar.

Nah, kalau domain gratis? Pasti sudah banyak yang tahu cara membuat nama domain gratis dari situs Freenome.

Saya juga pernah menggunakan domain gratis dari situs tersebut. Hanya saja saya tidak pernah bisa serius mengelola domain gratis tersebut.

Kenapa harus menghindari domain gratisan? Karena lagi jualan domain exabytes ya om?

Enggak. Karena saya punya pengalaman kehilangan blog yang sudah mendapatkan traffic bagus saat booming situs penyedia domain gratis yang beralamatkan di co.cc.

Sedih gan.

Di situs co.cc itulah saya belajar custom domain blog blogspot.

Disitu saya mempelajari DNS, ip dan hal-hal lain yang berkaitan dengan teknik blogging.

Freenome sendiri saya akui sangat luar biasa eksistensinya. Ada banyak teman-teman saya di komunitas adsense yang menggunakan domain gratis dari situs tersebut untuk mengupgrade status adsense mereka dari (hosted ke non-hosted).

Hanya saja kekhawatiran kehilangan domain dan juga blog karena peristiwa domain co.cc dibanned google sebaiknya menjadi pertimbangan teman-teman dalam menggunakan registrar tersebut.

Jadi bisa dibilang saya mendukung pendapat dari mas sugeng agar semampunya menghindari domain gratis.

#7 Pastikan Domain Yang Didaftarkan Baru Atau Domain Bekas Yang Berkualitas

botol bekas pun kalau masih bisa digunakan bakal dihargai tinggi, ga percaya? tanya pemulung saja. hehehehe
Ternyata saya mendapatkan domain bekas saat mengikuti program bagi-bagi domain .NET gratis dari exabytes indonesia!

Agak kaget juga saya saat mengetahui domain buatblogger.net yang didaftarkan melalui program GROW exabytes ternyata domain bekas. Saat mendaftar domain buatblogger.net saya sempat deg-degan soalnya rata-rata pencarian untuk keyword buat blogger cukup besar, hingga 1k per bulan. 

Dengan data tersebut tidak mungkin tidak ada orang yang mendaftarkannya.

Jawabannya saya temukan setelah iseng-iseng mengetikkan alamat buatblogger.com. Alamat dengan keyword yang sama tersebut ternyata merupakan domain terparkir di hugedomain. Jika saya punya duit ribuan dolar mungkin domain tersebut akan saya beli.

Setelah mendaftar di exabytes, mengikuti semua persyaratan untuk mendapatkan domain gratis, saya pun iseng daftarkan buatblogger.net. Beberapa hari kemudian saya mendapat konfirmasi kalau domain .NET yang saya daftarkan bisa saya miliki. 

Senang banget pastinya. Dan tidak menyangka kalau bisa sesukses itu. Domain dengan pencarian keyword 1k per bulan bisa saya miliki dengan gratis di tahun pertama plus 5 email dengan alamat khusus. Padahal untuk keyword dengan tld .COM domain ini dihargai lebih dari 1000 dolar Amerika. Kalau dirupiahkan sekitar 13 jutaan.

Sejak awal saya tidak melakukan cek domain saat pendaftaran. Meski sangsi kalau alamat yang bagus ini didapat. 

Alhamdulillah ternyata untuk ekstensi .NET saya dapat dengan gratis. Gimana kalau saya daftarin domain .COM yang parkir ya?

Hahaha... Ngeri saya memikirkannya.

Alhamdulillah buatblogger.net sendiri sudah mulai diindeks oleh google.

Bagi teman-teman yang sedang mendaftarkan domainnya sendiri baik itu di program bagi-bagi domain gratis atau ada registrar yang lagi promo, sebaiknya cek domain bekas dulu.

Apakah domain tersebut beneran baru atau malah domain bekas. Iya kalau bagus kalau malah bekas webspam. Bahaya kalau udah dicap spam sama google. Mungkin akan butuh waktu yang lama agar blog teman-teman akan diindeks oleh google.

Kesimpulan


Domain merupakan hal penting lain yang harus dipikirkan oleh seorang blogger ketika membuat blog selain dari memilih topik untuk blog tersebut.

Saat mendapatkan ide nama website keren, sebaiknya Anda segera mendaftarkan domain tersebut dengan menggunakan ekstensi .COM maupun .NET.

Jika domain tersebut tidak Anda pergunakan paling tidak Anda telah berinvestasi di lahan yang bagus. Saya pernah membaca entah dimana, seorang blogger yang mendaftarkan domain sitompul com, mendapatkan penghasilan puluhan juta karena pengacara terkenal ruhut sitompul sedang mencari nama domain tersebut.

Terakhir…

Saya tidak memiliki pengalaman yang cukup panjang seperti mas sugeng dalam hal memilih domain untuk nama website. Tapi semoga pengalaman saya yang singkat dalam memilih domain yang juga disertai dengan saran dari mastah blogger (dan juga publisher adsense) mas sugeng bisa membantu teman-teman dalam mempertimbangkan nama domain yang akan didaftarkan.

NB:
Punya pengalaman menarik ketika memilih domain untuk blog teman-teman sekarang. Boleh berbagi di kolom komentar.

Punya teman yang masih ragu-ragu untuk membeli domain TLD, coba bagikan artikel ini.

Ingin mendapatkan informasi promo domain maupun hosting atau kisah yang dapat menjadi pelajaran gunakan daftarkan email teman-teman melalui formulir yang tersedia.

Artikel Terkait

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

4 komentar

Setelah membaca tulisan2 di blog ini, menurut saya teknik menulis artikelnya sudah rapi dan terstruktur. Materi artikelnya juga berbobot, didukung oleh sumber dan data yg bisa dipertanggungjawabkan. Keren deh pokoknya. 😊

Balas

Tengkiu bang izal. Ane belajar dari ente juga soal menulis dengan baik. 😁

Balas

Super mas Kandra infonya...memang memilih nama domain ternyata susah juga. Perlu pertimbangan yang masak-masak karena domain dan blog itu sendiri adalah aset kita. Kalau bisa menemukan domain bekas yang berkualitas itu ibarat menemukan sekeping emas di lautan...

Balas

Betul mas menemukan domain bekas yang gratis hehehe.. menemukan emas di lautan lumpur.
Meski was-was juga pas tau domain yang didaftarkan ternyata domain bekas 😅

Balas

Speak Your Mind