2017-09-12

Add On Domain Cpanel, Manfaat Yang Sangat Penting Untuk Brand Bisnis Anda

add on domain cpanelBagi blogger yang menggunakan blogspot sebagai platform bloggingnya, istilah add on domain mungkin akan terdengar sangat asing. Tidak aneh jika seseorang bertanya tentang add on domain maka hanya beberapa orang yang bisa menjawabnya.

Add on domain sendiri bisa ditemukan jika seseorang membuat blog dengan menggunakan hosting sendiri atau menyewa hosting di web host yang ada. Biasanya add on domain ditemukan pada fitur domain di cpanel atau plesk.

Jadi untuk teman-teman yang sedang berencana untuk pindah rumah dari blogger.com ke wordpress, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat.

Apa itu Add-On Domain?

Arti add on domain secara harafiah adalah penambahan domain. Maksudnya didalam satu akun hosting yang teman-teman sewa, teman-teman bisa menambahkan beberapa domain tld lagi di akun hosting tersebut.

Add-on domain adalah domain baru yang diletakkan pada domain utama. Mengaktifkan fitur add on domain ini akan membuat sebuah folder baru di dalam akun hosting yang dimiliki.

Biasanya paket hosting yang menyatakan kalau kita bisa membuat tiga sampai sepuluh website sekaligus didalam satu akun hosting yang kita sewa menandakan kalau paket tersebut memiliki fitur add on domain. Berikut saya sampaikan gambar dua web hosting Indonesia yang memiliki contoh add on domain di paket hosting yang ditawarkan:
5 website bisa digunakan dalam paket hosting warrior dewaweb
paket hosting exabytes bisa menampung 10 website dengan fitur add on domain
Dengan menggunakan add-on domain, kita tidak perlu membuat akun hosting baru untuk domain yang baru didaftarkan. Dengan menggunakan sisa sumber daya hosting yang sedang digunakan, kita dapat membuat website baru.

Domain baru yang didaftarkan di fitur add on domain akan memiliki FTP manager, website statistic, dan cgi-bin yang dibuat secara otomatis. Untuk domain yang ditambahkan, akses cpanel akan ditiadakan. (sumber)

Jadi tidak perlu beli hosting baru kalau ingin buat proyek baru, gunakan saja sisa resource yang ada di hosting.

Selain untuk membuat website baru, fitur add on domain dari panel kontrol (cpanel atau plesk) juga dapat digunakan untuk jual beli domain. Mungkin beberapa dari kita pernah menemukan sebuah domain yang lagi parkir (alias tidak digunakan oleh pemilik domain tersebut) dan jika url tersebut ditawarkan dengan harga tertentu.

Contoh parked domain atau penggunaan fitur add on domain di kontrol panel dapat dilihat pada gambar berikut ini:
contoh domain yang sedang diparkir. Harganya muahaal...
Itu yang saya maksud dengan fungsi addon cpanel yang biasanya digunakan untuk park domain. 

Dari informasi web hosting indonesia yang sudah hadir dari tahun 2000-an tersebut saya mengambil kesimpulan:

  1. Kalau paket hosting punya kapasitas yang lumayan, kita bisa berhemat membeli hosting untuk website baru/proyek baru yang kita buat.
  2. Dengan berbagi sumber daya, kita harus pintar-pintar untuk menggunakan fitur addon domain ini. Jangan jadi pengennya ternak blog adsense tapi karena settingan salah malah dua blog tidak bisa diakses.

CARA MEMBUAT ADD ON DOMAIN DI CPANEL/PLESK

ekstensi domain .net, .gov, .org, .co, .me, .biz, .edu, .int, .com, .info
macam-macam ekstensi domain yang ditemukan di internet
Sekilas membuat add on domain di panel control baik di cpanel maupun di plesk terlihat sangat mudah. Coba perhatikan panduan cara membuat domain di cpanel hostgator dari situs shoutmeloud (sumber) berikut:

Panduan Add On Domain Hostgator ini bisa digunakan oleh pengguna dengan paket Baby atau Paket Shared Hosting Bisnis.

Langkah pertama adalah login ke akun cpanel website di hostgator lalu ke menu Domain > Add On Domain.

hostgator add on domain

Setelah itu, langkah berikutnya:

Pada kotak NEW DOMAIN NAME ketikkan alamat domain yang baru. Pada kotak SUBDOMAIN, ketik nama domain tanpa ekstensi. Terakhir di DOCUMENT ROOT ketikkan public_html/namadomain,com.

Untuk menu Create an FTP account associated with this Addon Domain Anda dapat memilih dicentangkah atau tidak.

Penulis artikel di shoutmeloud, Harsh Agrawal, menggunakan fitur membuat FTP untuk Addon Domain untuk diberikan kepada developer website. Kalau Anda tidak menggunakan seorang developer, mungkin saran saya tidak usah dicentang pilihan ini.

Setelah itu Anda tinggal klik tombol Add Domain, dan domain baru sudah terdaftar di dalam paket hosting yang Anda gunakan.

Add On Domain Hostgator selain bisa digunakan untuk membuat website baru tanpa harus membeli paket hosting baru, juga bisa digunakan untuk memperkuat brand dari blog yang dikelola. Maksudnya jika buatblogger.net sudah terkenal, maka saya berencana untuk mendaftarkan blog ini dengan ekstensi berbeda seperti buatblogger.org, buatblogger.xyz, buatblogger.me, dan lain sebagainya.

Agar ekstensi berbeda itu dapat mengarah ke alamat utama, pastinya digunakan metode redirect. Dan Add On Domain Hostgator dapat melakukan hal tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan fitur redirection Hostgator


Domain baru yang ditambahkan melalui fitur add on domain di cpanel, akan menciptakan folder sendiri di hosting dengan nama domain sebagai judulnya.

Dan kalau membaca rujukan tentang add on domain rumahweb domain baru yang ditambahkan di akun hosting kita dapat diakses dengan cara berikut:

Ketika di hosting abc,com ditambahkan ganteng,com, maka secara otomatis di hosting folder abc,com akan dibuat folder baru ganteng,com. Alamat ganteng,com ini dapat diakses melalui dua cara:
  1. dengan mengetikkan ganteng,com di browser address
  2. dengan mengetikkan abc,com/ganteng atau ganteng.abc,com.
Fungsi addon domain cpanel berbeda dengan fungsi subdomain yang kita kenal selama ini. Baik dengan subdomain maupun dengan add on domain kita bisa menggunakan sumber daya yang masih belum terpakai di hosting untuk membuat website sendiri. Bedanya terletak pada tampilan dari alamat website yang akan diakses oleh pengunjung website tersebut. 

Jika subdomain masih terlihat domain utamanya, contoh belajarbloggingdengan.blogspot.co.id > blogspot sebagai domain utama dan belajarbloggingdengan sebagai sub domain, sebaliknya buatblogger.net dan buatblogger.com akan terlihat sebagai dua website yang berbeda oleh pengunjung.

Oleh karena itu add on domain juga digunakan untuk memperkuat branding dari sebuah website. Teman-teman bisa melihat domain google adsense. Selama ini kita menuju akun google adsense dengan mengetikkan alamat google.com/adsense/start, jika teman-teman mengetikkan alamat adsense.com maka teman-teman akan diredirect ke laman google.com/adsense/start tadi.

Ada sebuah informasi menarik jika teman-teman menggunakan add on domain niagahoster. Menurut idsysadmin di niagahoster setiap domain yang ditambahkan didalam akun hosting teman-teman bisa mendapatkan sertifikat keamanan gratis.

Free SSL yang diberikan oleh niagahoster berasal dari program Let’s Encrypt SSL. Begitu juga dengan hosting dewaweb. Sedangkan exabytes memberikan sertifikat keamanan dari comodo.

Kesimpulan

Fitur Add On Domain yang ditemui di cpanel atau plesk dapat dimanfaatkan untuk memperkuat branding dan menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak bertanggung jawab dari orang-orang jahat. Kita semua tahu kalau salah satu tindakan pencurian identitas di dunia maya adalah melalui teknik phising, yaitu membuat alamat yang hampir sama dengan website target dan tampilan website target untuk menangkap data-data pribadi seperti username dan password.

Dengan memanfaatkan fitur add on domain cpanel, kita bisa meminimalisir kerugian yang akan dirasakan oleh pengguna dan pengunjung. Karena kita bisa mengajukan klaim terhadap domain yang digunakan untuk kegiatan tersebut agar bisa dimiliki agar pengunjung dan pembaca website lebih aman dalam mengunjungi website kita.

Artikel Terkait

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Speak Your Mind