Skip to main content

ALIBABA CLOUD HOSTING PARTNER STRATEGIS START-UP UNICORN INDONESIA

ALIBABA CLOUD HOSTING PARTNER STRATEGIS START-UP UNICORN INDONESIA

Alibaba Cloud Hosting, sebuah perusahaan penyedia layanan hosting yang tergabung dengan alibaba grup, sekarang sudah memiliki data center di Indonesia.
Informasi tentang rencana alibaba cloud membuat data center di Indonesia sudah terdengar sejak tahun 2017 lalu.
Saya sendiri sudah mengira-ngira masuknya alibaba ke Indonesia setelah membaca berita grup alibaba memberikan suntikan modal sebesar 14,7 trilyun rupiah tahun lalu, 17 agustus 2017.
Apalagi dengan target pemerintah saat itu yang ingin Indonesia memiliki 5 startup dengan status Unicorn.
Suntikan dana dari grup milik Jack Ma tersebut menurut CEO Tokopedia akan digunakan untuk mengembangkan pusat riset terbaik di Asia Tenggara.
Bentuk kerjasama antara tokopedia dan alibaba sepertinya tidak hanya berupa mengucurkan uang atau modal saja tetapi juga memberikan infrastruktur website yang dibutuhkan oleh situs marketplace yang mendapatkan kunjungan sebanyak 35 juta pengunjung per hari.
Get 300$ Credit To Try Alibaba Cloud Services Dari pengunjung tersebut sekurang-kurangnya aplikasi dan website tokopedia mendapatkan 150 juta kali kunjungan.
Dengan bantuan dana dan (mungkin) infrastruktur yang dimiliki oleh alibaba (alibaba cloud) CEO tokopedia, William Tanuwijaya memiliki target untuk meningkatkan jumlah pengguna aplikasi dan website tokopedia hingga 20 juta.
Target CEO tokopedia tersebut mungkin saja bisa tercapai jika mereka bisa memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Alibaba Cloud dengan efisien.<
Kejadian beberapa tahun lalu ketika tokopedia dan bukalapak secara mengejutkan tumbang bersamaan (bahasa halusnya tidak bisa diakses) harus menjadi sebuah pembelajaran bagi start up Unicorn tersebut.
Alibaba Cloud sendiri merupakan platform cloud terbesar keempat di dunia layanan web hosting berbasis cloud di dunia setelah Google Cloud Platform, Microsoft Azure, dan Amazon Web Service.
Di masa promosi pasca pengumuman datacenter alibaba di Indonesia, pelaku ukm bisa mendapatkan diskon 30% untuk produk-produk berbasis cloud yang ditawarkan oleh perusahaan milik Jack Ma tersebut.
Ada dua layanan yang ditawarkan kepada pemilik perusahaan rintisan (start up) Indonesia dari Alibaba Cloud Indonesia:
  1. Elastic Compute Service (ECS), dan
  2. Relational Database Service
Apa itu Elastic Compute Service (ECS)?
ECS merupakan layanan server berbasis cloud untuk memberikan kebutuhan hosting.
Sedangkan RDS merupakan layanan database on demand yang akan memudahkan penggunanya untuk fokus ke inti bisnis daripada mengurus teknis administratif database.
Selain meng-otomatiskan fungsi administratif RDS juga melindungi serangan terhadap jaringan seperti brute force, sql injection, dan lain sebagainya.
Buat blogger yang memiliki rencana membuka bisnis reseller hosting, sepertinya tawaran dari tersebut cocok untuk digunakan.
Hanya saja bagi blogger yang ingin menghindari penggunaan kartu kredit dalam bisnis web hostingnya, saya masih belum melihat opsi pembayaran melalui transfer bank di laman pembayaran alibaba.
Sama halnya ketika saya masih menggunakan wordpress.com untuk ngeblog dan juga saat ingin mentransfer domain ke google domain.
Alat pembayaran yang masih umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan luar negeri seperti alibaba ini masih menggunakan kartu kredit.
Padahal mereka sudah masuk ke pasar Indonesia dimana sebagian besar penduduknya sudah mulai mengumumkan perang terhadap kartu kredit dan lebih memilih bertransaksi secara tunai.
Saya berharap selain Alibaba, para pemilik aplikasi untuk ngeblog maupun hosting yang masuk ke Indonesia bisa memberikan keluwesan alat bayar.
Tidak hanya menerima kartu kredit atau paypal tetapi juga transfer bank atau malah menggunakan jaringan minimarket yang mudah untuk ditemukan.

Share this:

Open Comments