Skip to main content

Hostgator CPanel: Cara Login Ke Hosting Sendiri (Buat Yang Ingin Pindah dari Blogspot)

Hostgator CPanel: Cara Login Ke Hosting Sendiri (Buat Yang Ingin Pindah dari Blogspot)


Apa itu cpanel?

Cpanel adalah singkatan dari kontrol panel. Yaitu sebuah aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pengaturan hosting sebuah website.

Cpanel merupakan aplikasi yang umum ditemukan disetiap penyedia webhosting, baik yang menawarkan paket hosting dengan wordpress atau paket hosting dengan cms lainnya.

Bagi blogger yang selama ini ngeblog di blogspot, cpanel merupakan sebuah hal baru yang harus dikenali fungsi dan tugas-tugasnya. Karena selama ini blogger yang menggunakan blogspot tidak pernah bersentuhan dengan software pengelolaan software cpanel.

Salah satu web host yang paling banyak direkomendasikan untuk membuat blog sendiri adalah hostgator. Dengan membeli hosting di hostgator anda perlu mengenali fasilitas cpanel yang akan digunakan untuk membuat website Anda sendiri, untuk membuat email pribadi/perusahaan sendiri, pengaturan domain name server, dan lain sebagainya.

Terakhir saya mendapatkan diskon 25% untuk sewa hosting perdana untuk blog wordpress yang saya gunakan. Silahkan Anda coba link yang saya berikan untuk mendapatkan diskon 25% untuk mendaftar bulan ini.

Ketika anda mendaftar di blogger atau wordpress.com, anda tidak akan mendapatkan informasi tentang server, alamat ftp dan lain sebagainya. Anda hanya diminta untuk melakukan konfirmasi dengan menekan sebuah tombol atau klik link yang diberikan oleh sistem blogger atau wordpress sebagai konfirmasi bahwa Anda benar-benar membuat akun di situs blogging gratis tersebut.

Berbeda dengan membeli hosting di hostgator.

Saat membuat sebuah website dengan cms wordpress atau semisalnya, kita tidak akan diberikan informasi untuk masuk ke root server. Paling email yang kita dapatkan adalah konfirmasi bahwa email yang didaftarkan saat bikin akun blog baru benar-benar milik dari kita sendiri.

Setelah melakukan konfirmasi dengan klik link yang dikirimkan ke email, barulah kita bisa membuat konten di blog.

Kalau menyewa hosting di hostgator, email yang akan kita dapatkan itu ada dua.
1. Email konfirmasi pembayaran (invoice)
2. Email yang berisi informasi kredensial untuk login ke cpanel.

Setelah login ke cpanel barulah kita bisa membuat blog baru dengan software intalasi instant atau dengan menginstal CMS secara manual.

Ada 3 cara yang bisa kita lakukan untuk login ke akun cpanel hostgator:

  1. Dengan Ketik https://servername:2083 di address bar, lalu menginput username dan password yang telah diberikan.
  2. Ketik  https://server-ip-address:2083, lalu menginput username dan password yang telah diberikan.
  3. Ketik  https://namadomain.com:2083, lalu menginput username dan password yang telah diberikan.

Tips:

  • Untuk berjaga-jaga dan meningkatkan keamanan hosting kita dan pengunjung website Anda, segera lakukan pergantian password cpanel yang diberikan oleh webhost.
  • Selalu gunakan koneksi terenkripsi (dengan mengetikkan https://) ketika akan melakukan login di cpanel hostgator, agar tidak ada orang iseng yang mencuri password dan username untuk mengacak-acak website kita.
Hostgator adalah web host luar negeri. Banyak blogger maupun internet marketer yang merekomendasikan untuk menggunakan layanan dari web host Amerika tersebut.

Seperti umumnya layanan web host luar negeri, pembayaran untuk menggunakan cpanel hostgator harus dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Beberapa bank penerbit kartu debit visa atau master di Indonesia bisa digunakan untuk transaksi secara online.

Kalau hanya menggunakan cpanel untuk hosting website sendiri, web host yang ada di Indonesia juga menyediakannya. Beberapa diantara web host di Indonesia yang menyediakan cpanel gratis untuk pengelolaan hosting di website (dan juga menjanjikan kemudahan pembayaran) seperti dewa web, exabytes (daftar sekarang, hemat 50% dengan link saya).

Share this:

Open Comments