Skip to main content

DOMAIN GRATIS SELAMANYA TANPA SYARAT TIDAK AMAN! INI ALASANNYA

DOMAIN GRATIS SELAMANYA TANPA SYARAT TIDAK AMAN! INI ALASANNYA

Domain Gratis Selamanya - Pasti membaca judul diatas kamu yang lagi nyari domain gratis males untuk membaca tulisan saya. Tapi saya harap kalau kamu memang serius ingin mendapatkan penghasilan dengan me-monitize konten di blog bacalah paparan saya mengenai domain gratis ini.

Mari kita jawab bersama pertanyaan sederhana berikut: Kenapa blogger Indonesia banyak mencari domain gratis selamanya tanpa syarat?

Coba kamu jujur. Kenapa kamu masih bertahan dengan subdomain blogspot, meskipun ada tawaran flash sale penjualan domain atau malah dengan sedikit berkorban membuat review kamu bisa membeli domain seharga sepuluh ribu dan membayar domain yang kamu beli tersebut di alfamart.

Kebanyakan dari kita (baca: blogger Indonesia) yang mencari domain gratis selamanya tanpa syarat beralasan belum mampu untuk membeli domain TLD yang ditawarkan oleh berbagai penyedia domain karena tidak memiliki uang untuk membeli domain. Alasan kedua yang sering saya temui adalah tidak menemukan referensi tempat untuk membeli domain dengan mudah. Alasan ketiga yang cukup banyak juga saya temukan di forum-forum maupun di grup-grup blogger adalah terlalu cepat menghitung laba/rugi yang didapat dengan membeli sebuah domain.

Jadi kamu termasuk golongan blogger yang mana?

Jawab sendiri deh.

Saya sendiri termasuk blogger yang tidak memiliki modal besar saat mulai ngeblog. Mengunjungi sebuah blog yang hosting di tempat yang sama namun sudah melakukan custom domain membuat rasa iri tumbuh di dalam diri. Maklumlah seorang mahasiswa yang baru lulus dan bekerja di sebuah warnet di kota kecil tidak memiliki kemewahan untuk membeli domain untuk kepentingan pribadi jangka panjang tersebut.

Tips penting pertama oleh mastah blogger yang dulu saya ikuti hingga sekarang berganti mastah tetap sama.

Miliki domain agar blog atau website pribadi terlihat lebih profesional sehingga pengiklan pun menjadi lebih bernyali dalam memberikan uang untuk beriklan di blog yang kita kelola.

Tahun 2007 - 2008 membeli sebuah domain tidaklah semudah sekarang. Dulu kalau mau beli domain kita harus memiliki kartu kredit atau paling tidak saldo paypal agar bisa berbelanja domain di situs besar seperti godaddy, namecheap dan lain-lain. Di Indonesia juga ada. Tapi kelemahannya kredibilitas perusahaan web host yang ada tidak seperti sekarang.

Kalau sekarang jangan ditanya, selain kita bisa bertransaksi via transfer bank, kita juga bisa membeli domain dengan melakukan pembayaran di minimart dekat rumah.

Jadi sebelum saya bekerja di sebuah perusahaan swasta Jakarta Selatan, saya harus puas untuk ngeblog sembari mencari recehan dengan menggunakan alamat subdomain seperti blogspot atau wordpress. Harapan saya suatu hari nanti ketika saya betul-betul mendapatkan uang dari konten-konten di blog saya barulah saya membeli domain sendiri.

Teman-teman pun begitu?

Seperti teman-teman juga saat ini yang mencari domain gratis selamanya tanpa syarat, saya yang belum memiliki kecukupan modal tidak henti mencari kesempatan untuk mendapatkan penyedia domain .com gratis. Ada banyak kontes dan program referal yang saya ikuti agar saya mendapatkan domain top level tersebut hingga saya pun menjadi skeptis dengan penawaran-penawaran tersebut.

Pencarian saya terhadap domain gratis pun berakhir pada sebuah situs bernama .co.cc. Melalui situs tersebut saya mulai belajar apa itu Domain Name System dan juga menggunakan alamat web sendiri di blogger (yang lebih dikenal dengan custom domain dan juga menggunakan email dengan domain sendiri). Selain blogger kere seperti saya domain .co.cc juga diminati oleh para spammer dan juga hacker (atau cracker? saya masih bingung perbedaan sebutan antara keduanya). Jadi pernah dalam satu periode semua pengguna domain .co.cc mengalami peristiwa deindex besar-besaran dari google. Penyebabnya domain tersebut banyak digunakan oleh para ahli koding tersebut (atau nubi yang nyoba-nyoba skrip hacking). Inilah yang akan saya bahas perihal situs domain gratis yang banyak digunakan saat ini, freenom.




Banyak blogger yang menetapkan atau menganggap kalau situs yang beralamatkan di https://freenom.com/ merupakan penyedia domain gratis terbaik untuk para blogger-blogger muda atau yang baru mulai ngeblog seperti saya dulu. Padahal kalau kita membaca persyaratan layanan (TOS) yang terdapat di website resminya tersebut justru kita yang dirugikan dengan menggunakan layanan domain gratis mereka. Salah satunya poin yang menurut saya merugikan adalah tentang kepemilikan domain.

Menurut TOS freenom penggunaan domain gratis oleh seseorang bukan berarti pengguna tersebut adalah pemilik dari domain yang didaftarkan oleh freenom. Secara sederhananya kita (pengguna domain gratis freenom) hanya sebagai PEMAKAI domain yang didaftarkan di freenom. Pemilik domain tetaplah freenome yang sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sama sekali dapat melakukan hal-hal berikut kepada domain yang kita gunakan.

  • Menghapus name server domain
  • Menghapus penerusan URL (URL Forwarding)
  • Menghapus informasi trafik website
  • Menghapus akun di My Freenom
  • Menghapus penerusan email
  • Menghapus database lain yang terkait dengan domain gratis tersebut.

Ingat. Semua tindakan diatas dapat dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya dari perusahaan.

Kejadian ini sudah banyak saya temui baik dari pengguna freenom di Indonesia maupun pengguna freenom dari negara Asia lainnya. Salah satu pengguna freenom yang memberikan ketidaksetujuannya dengan kebijakan domain ini adalah Shaikh Masood Alam. Didalam blognya ia sangat menyarankan agar tidak menggunakan layanan domain gratis freenom. Blogger asal India ini menyebutkan saat website yang beralamatkan di tekfu.tk menjadi populer tiba-tiba domain tersebut dijual oleh perusahaan kepada orang lain dan ketika Shaik Masood Alam memprotes tindakan tersebut tiba-tiba akun freenom miliknya di hapus. Masood mengakui dalam blognya ia kehilangan tekfu.tk karena sibuk kuliah.

Apa yang terjadi pada Masood Alam mendapatkan penjelasan dari seorang pengguna Quora, bernama Lawrence Phippss.
Their freemium revenue model comes with many strings attached. Part of their revenue model involves monetizing the traffic from abandoned domains via an ad network. They intend for customers to build traffic to the domain, which they can take over for a variety of reasons, and then collect advertising revenue. Domains that are no longer used by the registrant or are expired are taken back by Freenom and the residual traffic is sold to advertisement networks.

Terjemahannya kira-kira begini. Model pendapatan freenome berasal dari banyaknya persyaratan yang mereka tetapkan untuk pengguna layanan domain gratis yang di. Sebagian pendapatan yang mereka peroleh didapatkan dari trafik domain yang tak dikelola lagi dan menjual trafik tersebut melalui jaringan periklanan. Jadi freenom akan memetik hasil dari kerja keras pengguna domain gratisnya yang telah mendapatkan ribuan trafik.

Tidak hanya pengguna yang memprotes freenom, ICANN pengelola alamat internet seluruh dunia telah memberikan teguran kepada perusahaan penyedia domain gratis tersebut terkait dengan cybersquatting. Selain memiliki kasus dengan ICANN, domain .tk, .ml, .ga, dan .qg saat ini juga tidak bisa digunakan untuk hosting gratis. Hal ini disebabkan freenom mengharuskan para pengguna domain gratis mereka untuk mengganti dns yang digunakan untuk berselancar di dunia maya dengan DNS Resolver milik mereka. Di forum 000webhost moderator membahas aturan yang diberikan oleh freenom dan memperingatkan kemungkinan pengguna freenom yang menggunakan DNS Resolver mereka akan mempengaruhi kecepatan akses internet anda.

Jadi apakah tidak ada solusi mendapatkan domain gratis untuk blogger pemula?

The Real Penyedia Domain Gratis Terbaik Versi Saya dan Cara Mendapatkan Domain Gratis .NET

Kamu bisa mendapatkan domain gratis dari perusahaan web hosting yang bernama Exabytes Indonesia. Perusahaan ini merupakan cabang dari perusahaan hosting internasional yang pusat bisnisnya berada di Singapura (atau Malaysia? Saya tidak ingat). Karena baru perusahaan ini berusaha untuk mendapatkan pelanggan dengan mengadakan sebuah kampanye pemasaran dengan produk andalannya GROW.

Program GROW ini kalau dari informasi situs resminya exabytes diperuntukkan untuk UKM/UMKM. Tetapi kalau membaca persyaratan yang terpampang di Laman Program GROW, saya merasa layak dicoba mendapatkan domain gratis .NET melalui program kampanye pemasaran tersebut. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan:

  • Langkah pertama untuk mendapatkan domain gratis dari exabytes melalui program grow adalah dengan mendaftarkan diri melalui link Program grow
  • Selanjutnya, masukkan domain yang diinginkan pada kotak pencarian dan klik tombol cek. Jika domainnya tersedia, lanjutkan ke langkah berikutnya
  • Daftarkan alamat blogspot teman-teman pada kolom tambahan informasi yang diperlukan. setelah itu klik tombol lanjutkan.
  • Pada step Konfigurasi, klik tombol hijau lanjutkan
  • Di proses konfirmasi pemesanan, pastikan nama domain .net yang teman-teman pilih dan juga total tagihan yang muncul adalah 0 (baca: nol).
  • Setelah memastikan dua hal tersebut baru klik tombol bayar.
  • Langkah terakhir adalah Check Out. Isi formulir yang tersedia dengan lengkap sebelum menekan tombol complete order.

Setelah sistem exabytes grow menyelesaikan proses pendaftaran, maka teman-teman tinggal pantengin email konfirmasi dari exabytes perihal lulus atau tidak blog yang masih menggunakan sub-domain blogspot bisa mendapatkan domain .NET yang kita inginkan. Begini triknya mendapatkan domain gratis dari Exabytes yang saya lakukan:
  1. Blog yang akan teman-teman daftarkan HARUS sudah aktif sebelum tanggal 1 Januari 2017
  2. Mengisi form pendaftaran yang tersedia di link exabytes dengan memberikan data identitas yang valid
  3. Nama domain yang diajukan sesuai dengan Blog yang telah terbit

Jika tim exabytes menilai blog teman-teman telah sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan, maka teman-teman akan mendapatkan domain .NET tersebut dan dapat digunakan selama satu tahun kedepan.(UPDATE: Program GROW telah berakhir 31 DESEMBER 2017)


Selain Exabytes, program dua perusahaan hosting Indonesia berikut juga bisa teman-teman coba.

Share this:

Open Comments