2017-10-31

Domain Gratis Selamanya Tanpa Syarat, Harapan Palsu Untuk Blogger Indonesia

Kenapa blogger Indonesia banyak mencari domain gratis selamanya tanpa syarat?

Jawabannya sederhana.

Kebanyakan blogger Indonesia yang mencari domain gratis selamanya tanpa syarat belum mampu untuk membeli domain TLD yang ditawarkan oleh berbagai penyedia domain di dunia. Saya pun begitu. Dari pengalaman saya dulu, semasa mahasiswa, setidaknya ada beberapa poin yang menjadi keberatan seseorang dalam membeli domain.

#1 Harga Yang Mahal

Harga domain yang ditawarkan sekarang menurut saya tidak terlalu mahal (karena saya sudah bekerja dan gaji saya sudah lebih dari cukup untuk membeli domain yang saya inginkan). Berbeda saat kuliah.

Dengan uang bulanan yang dikirimkan setiap bulan. Dimana saya harus menyisihkan uang bulanan untuk bayar kosan, jajan, beli / foto kopi diktat kuliah dan keperluan lainnya. Harga beli domain yang dipatok 179 ribu akan sangat memberatkan.

Sekarang alasan harga ini tidak terlalu berpengaruh bagi saya untuk membeli domain. Karena alasan tadi. Saya sudah bekerja. Jadi harga beli domain yang dianggap kemahalan sebenarnya relatif. Kalau blogger yang bersangkutan bertekad aktifitas ngeblognya buat ngumpulin duit (entah dengan adsense, click bank atau cara lainnya) pasti si blogger akan mengusahakan untuk mencari promo domain .com gratis.

Dulu, sekitar tahun 2008, blogger Indonesia yang sudah mendapatkan penghasilan yang lumayan dari blog yang dikelola berbagi keberuntungannya dengan mengadakan sebuah lomba yang hadiahnya domain .com. Saya lupa siapa nama blogger Indonesia tersebut. Kejadiannya sudah cukup lama.

#2 Tidak Tahu Tempat Beli Domain Yang Kredibel

Dunia bisnis digital di Indonesia itu rentan dengan penipuan. Tidak sekali dua kali saya membaca pengalaman orang-orang yang merasa tertipu saat beli domain ke sebuah layanan registrasi domain malah jadinya harus kehilangan uang yang ia transfer ke rekening layanan tersebut.

Saya pun karena kekurang ilmu tentang tempat beli domain yang kredibel bela-belain memiliki kartu kredit agar bisa membeli domain dari layanan pendaftaran domain di luar negeri. Domain pertama saya kandrawilko.info saya beli dari situs godaddy. Sedangkan domain kedua saya pencaricerah.com saya beli langsung dari situs wordpress.com.

Seiring waktu saya pun akhirnya mengetahui beberapa situs layanan yang kredibel untuk mendaftarkan domain dan membeli hosting di Indonesia. Program satu juta domain dari Kementerian Komunikasi dan Informatika membuat mata saya terbuka, kalau situs-situs yang menjadi partner program kementerian tersebut merupakan situs-situs yang sudah teruji pelayanannya.

Setelah mengetahui situs-situs di Indonesia dimana saya tahu sudah mendapatkan screening dari Pemerintah, domain kandrawilko.info pun saya transfer ke salah satu penyokong program satu juta domain KOMINFO. Akun di godaddy pun akhirnya saya tutup.

Makanya saya merasa agak tidak enak hati dalam membahas penyedia domain gratis yang banyak digunakan oleh blogger di Indonesia, Freenome. Tapi saya harus membahasnya agar para blogger tersebut dapat mempersiapkan skenario terburuk jika sewaktu-waktu domain gratis yang diterima dari Freenome hilang.

Akhirnya: Penyedia Domain Gratis Freenome Jadi Solusi

Banyak blogger Indonesia yang mereferensikan untuk mendaftar di Freenome agar mendapat domain yang dapat digunakan secara gratis tanpa syarat yang memberatkan.

Penyedia domain gratis di Indonesia sebenarnya juga ada. Niagahoster dan idcloudhost melalui program bagi-bagi domain gratis yang diselenggarakan oleh masing-masing mereka memberikan domain gratis Indonesia dengan syarat like fanpage dan juga mempromosikan produk dan layanan kedua web hosting Indonesia tersebut di masing-masing media sosial yang dimiliki oleh peminat.
Peserta yang beruntung akan mendapatkan pilihan untuk mendaftarkan domain gratis Indonesia, bahkan peserta bisa mendapatkan domain co id gratis yang jika dijual harganya bisa mencapai 100k.

Web hosting lain seperti Exabytes, memberikan domain gratis dengan jangka waktu tertentu (baca: 1 tahun). Saya mendapatkan domain gratis terbaik dari Program Grow yang dibuat oleh web hosting Indonesia ini. Tapi di tahun kedua saya yang mendapatkan domain gratis buatblogger.net harus membayar ke exabytes untuk domain yang telah didaftarkan dan digunakan.

Sepintas freenome tidak memberikan syarat yang terasa berat tersebut kepada penggunanya.

Tetapi syarat penggunaan layanan Freenome ini justru lebih berat dibandingkan layanan/program yang dibuat oleh situs-situs web hosting Indonesia diatas.

Blogger Indonesia dapat menggunakan domain yang didaftarkan secara gratis di freenome selama kita tidak lupa untuk memperpanjang domain tersebut. Hanya saja perpanjangan domain gratis tersebut dapat dilakukan untuk 3 sampai 12 bulan.

Jika kita di awal register domain durasinya selama tiga bulan, maka pada akhir bulan ketiga kita dapat dapat memperpanjang penggunaan domain selama 12 bulan (maksimal). Artinya saat kita menggunakan layanan domain gratis dari freenome maksimal periode penggunaan domain yang kita terima adalah 1 tahun 3 bulan.

Note: saat saya mencoba mendaftarkan domain buatblogger di freenome, pilihan waktu yang saya dapatkan hanya tiga bulan.

Masa perpanjangan free domain dari layanan Freenome 15 hari dari jatuh tempo penggunaan domain.
Ada empat ccTLD yang diberikan oleh Freenome: TK, GA, ML, GQ, dan CF.
.tk country code untuk tokelau, sebuah wilayah di New Zealand
.ml country code untuk mali
.ga country code untuk gabon
.cf country code untuk central African republic
.gq country code untuk equatorial guinea

Secara brand, dari kelima ccTLD yang ditawarkan oleh Freenome, mungkin dot tk yang paling populer diantara alamat lainnya. Detik.com, portal berita milik konglomerat Chairul Tanjung, menggunakan alamat premium dot tk untuk layanan penyingkat url yang dibuat sendiri de.tk. Langkah ini bagus untuk memperkuat brand detik yang sudah melekat di dalam otak masyarakat.

Sudah banyak blog yang membahas cara membuat domain gratis selamanya dengan layanan freenome, sayang hanya sedikit yang memberikan peringatan tentang penggunaan layanan domain gratis tersebut.

Kekurangan Domain Gratis Dari Freenome

6 Hal Yang Terjadi Ketika Domain Gratis Freenome Tidak Diperpanjang

Kalau kita lupa memperpanjang domain gratis dari freenome maka domain tersebut akan mengalami hal-hal berikut ini:
Penghapusan name server
Penghapusan penerusan URL
Penghapusan informasi traffic
Penghapusan pengaturan di My Freenome
Penghapusan akun penerusan email
Penghapusan data base lain yang terkait dengan domain gratis yang tidak diperpanjang tersebut

Jika saya membandingkan dengan aturan saat membeli domain, aturan dari Freenome saat lupa perpanjang domain yang didaftarkan di layanan mereka, sangat berat untuk penggunanya. Sepengetahuan saya untuk layanan pendaftaran domain atau registrar yang membayar periode pengingat bahwa domain yang digunakan akan expired adalah 30 hari. Bahkan wordpress.com menggunakan dua kali reminder, 45 hari sebelum expired dan 30 hari sebelum domain expired.

Domain Diminati Oleh Orang Lain, Kita Tidak Bisa Langsung Jual

Kekurangan dari domain gratis freenome juga terlihat pada syarat untuk transfer domain. Seperti saya mentransfer domain kandrawilko.info dari godaddy ke rumahweb. Jadi ada orang lain yang tertarik dengan blog kita, kita tidak bisa langsung menjual domain gratis tersebut. Frenome tidak menghalangi keinginan kita untuk menjual domain yang kita dapatkan dari layanan mereka asal syarat-syarat berikut terpenuhi:
1. Mengupgrade akun Freenome dari gratisan ke berbayar
2. Memperbaharui informasi kontak
3. Menyediakan dns untuk transfer domain

Kesimpulan

Jadi domain gratis selamanya tanpa syarat itu hanya harapan palsu menurut saya. 

Solusi terbaik untuk ngeblog secara profesional yang bisa teman-teman lakukan saat ini adalah usahakan untuk mendapatkan domain gratis dari promo niagahoster atau idcloudhost. Bersungguh-sungguh dalam mengikuti sayembara dari kedua situs tersebut pasti akan memberikan hasil terbaik untuk teman-teman.

Saya sendiri memiliki cara membuat domain gratis yang didapat dari exabytes. Hanya saja saya belum bisa berbagi sekarang. Karena trik ini akan lebih indah jika hasilnya sudah kelihatan.  


Artikel Terkait

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Speak Your Mind