2017-11-03

1 Akun Hosting 2 Domain, Cara Cerdas dan Hemat Untuk Ternak Blog


Apakah 1 hosting bisa untuk beberapa domain? Begitu pertanyaan saya saat menimbang-nimbang untuk beli hosting di exabytes. Beli hosting tidak murah begitupun mengelolanya. Kalau cuman beli hosting untuk satu website saja, rasanya terlalu boros saya dalam mempunyai hobi.

Setelah baca-baca beberapa artikel di internet, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan layanan ebiz plus exabytes. Apalagi kena diskon 50% pas awal daftar jadi lumayan lah yak buat mengelola blog yang digunakan untuk ternak adsense.

Ternyata saya lugu banget dulu. Berpikir satu akun hosting hanya bisa digunakan untuk 1 domain. Ternyata saya salah. Dengan menggunakan fitur wordpress multisite saya bisa membuat blog sebanyak yang saya mau dan memakai spesifikasi yang sama untuk blog tersebut. Maksudnya saya tidak perlu repot-repot untuk menambahkan plugin satu-satu untuk setiap blog wp yang saya terbitkan.

Buat pengguna Blogger pun sebenarnya bisa melakukan 1 hosting 2 domain tersebut. Pokoknya asal kuat beli domain aja. Hehehe…

Namun dari pengalaman saya dengan blogger, sebelum beli hosting ebiz plus ini, mengelola banyak blog dengan 1 akun blogger cukup repot dibandingkan dengan menggunakan 1 hosting 2 domain di hosting ebiz. Repotnya gimana?

1. Kalau kita Custom domain alamat blogspot berarti kita kehilangan sertifikat keamanan gratis yang diberikan oleh Blogger. Mau tidak mau kita harus mendaftarkan satu per satu domain blog yang kita punya ke cloudflare untuk mendapatkan sertifikat keamanan gratis dari situs tersebut.

2. Membuat email dengan domain sendiri untuk setiap blog yang kita miliki. Memiliki email yang beralamatkan @namaperusahaan untuk berkomunikasi dengan calon klien tentunya akan membuat kredibilitas meningkat dan terlihat lebih professional. Kalau punya banyak blog mau tidak mau kita harus mendaftarkan satu per satu domain yang dimiliki ke mail hosting gratis milik zoho.com.

Nah, hal-hal diatas kemudian saya rasakan dalam mengelola blog di ebiz plus exabytes. Untuk sertifikat keamanan sudah diberikan deserver hosting. Jadi setiap nambahin domain melalui cpanel, domain tersebut sudah mendapatkan sertifikat keamanan Comodo DV.

Untuk email juga pastinya sudah diberikan dengan unlimited akun. Jadi kalau website yang dibuat dengan wordpress multisite tadi ada toko onlinenya dan kita mempekerjakan karyawan 5 orang, setiap karyawan bisa mendapatkan satu email per orang. Bagi website berita yang dikelola oleh beberapa orang penulis juga bisa menggunakan fitur email hosting ini.

Jadi not bad lah pilihan menggunakan layanan web hosting Indonesia yang baru ini.
Wordpress Multisite sendiri mungkin sebagian dari kita masih asing untuk mendengarnya. Tapi di luar sana Wordpress Multisite ini sudah banyak digunakan oleh para internet marketer yang sudah pro. Umumnya website dengan wordpress multisite ini digunakan untuk sebuah perusahaan dengan tim content writer yang khusus membahas produk yang mereka jual. Contoh wordpress multisite bisa teman-teman lihat di link https://edublogs.org/. Intinya dengan wordpress multisite kita bisa membuat website ala wordpress.com sendiri, 1 hosting banyak domain.

Saran: kalau mau bikin blogging gratis ala blogger.com, tumblr.com, wordpress.com atau edublog diatas jangan pilih ebiz plus. Soalnya maksimal website yang bisa ditambahkan maksimalnya cuma 10. Beda kalau milih hosting premium.

Untuk cara membuat 2 website dalam 1 hosting kita harus menggunakan cPanel atau Plesk, caranya bisa teman-teman ikuti di tulisan saya add on domain dan manfaatnya untuk bisnis Anda.

Meski terlihat menyenangkan ada kelemahan dari menggunakan dua domain dalam 1 hosting menurut artikel berikut yaitu jika satu domain terkena masalah, maka website lain juga mengalami masalah yang sama. Apalagi dengan wordpress multisite dimana .htaccess settingannya satu untuk semua. Jadi kalau settingan .htaccess di website induk (ini website dimana wordpress multisite terinstal) settingannya aneh-aneh, maka untuk melakukan perubahan .htaccess untuk website lainnya agak rumit pengaturannya.

Saya pun masih belajar.

Kesimpulannya. Kalau mau ternak blog untuk adsense menggunakan 1 hosting untuk 2 domain merupakan pilihan yang murah dan mudah. Bagaimana dengan teman-teman tertarik untuk mencoba? Kunjungi exabytes sekarang dan dapatkan diskon 50% untuk pemesanan pertama ebiz plus bagi bisnis penayangan iklan Anda.

NB: Jika ada teman atau saudaranya yang ingin ngeblog dan share modal, coba kirimkan artikel ini melalui link media social dibawah.

Referensi:
https://klikhost.com/kelemahan-menaruh-banyak-domain-dalam-1-akun-hosting/

Artikel Terkait

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Speak Your Mind