2017-11-06

BangIzalToy.com, Belajar Seluk Beluk Dunia Bisnis dari Praktisi Berpengalaman

isi toko rc toy milik bang izal
Sebenarnya hari ini saya ingin membahas tentang google sandbox karena beberapa hari terakhir buatblogger.net mengalami penurunan yang sangat signifikan di indexing google. Tetapi saya pikir lebih baik saya menulis sebuah blog yang dikelola dengan baik oleh pemiliknya yang membuat kita sama-sama belajar untuk lebih baik lagi. Dan pilihan saya saat ini jatuh pada blog yang beralamatkan di www.bangizaltoy.com.

Sebenarnya saya telat untuk membahas tentang blognya Bang Izal. Karena beliau sudah beberapa kali bersilaturahim ke buatblogger.net untuk mengapresiasi beberapa tulisan saya seperti memilih nama domain jangan ngasal dan formula rahasia membuat menulis blog post. Untuk google sandbox sendiri saya akan bahas dilain waktu, Insya Allah.

Saya sendiri berkenalan dengan bang izal dari sebuah komunitas publisher adsense di komunitas gplus. Dari judul komunitasnya saja pasti teman-teman bisa menangkap kenapa sampai pemilik toko mainan RC Toys tersebut mendaftar sebagai anggota.

Yup. Bang Izal mau menjadi seorang publisher adsense. Dan kenapa ia menjadi anggota IAPD? Pastinya karena ia melihat kalau komunitas publisher adsense tersebut memiliki manfaat yang besar bagi mereka yang merasakan ditolak oleh Adsense ketika mengajukan diri sebagai publisher.

Berdasarkan pengakuan beliau, blog yang beralamatkan di www.bangizaltoy.com tersebut baru baru saja diterbitkan beberapa bulan yang lalu. Tujuan awal dari membuat menurut si pemilik bangizaltoy.com tersebut hanya sebuah media untuk mengumpulkan catatan-catatan yang terserak di beberapa media sosial yang ia miliki.

Catatan-catatan yang sangat bagus untuk mereka yang mempunyai niat untuk berwirausaha khususnya di dunia mainan anak. Saya sendiri merasa heran kenapa pemilik toko mainan RC Toys tersebut ngeblog dan menjadi publisher Adsense. Menurut guru kami berdua, Adsense seharusnya dihindari sebagai sebuah metode monetisasi karena penghasilan dari metode tersebut tidak akan memberikan penghasilan yang signifikan.

Kami, saya dan bang Izal, sama-sama mengenai internet marketing dari website panduanim.com milik mas darmawan. Meski mempunyai guru yang sama, pencapaian bang izal dan saya sangat jauh. Mungkin karena pengalaman beliau sebagai seorang penjual yang sudah berpengalaman membuat aplikasi teori yang didapat dari website panduanim menjadi sangat mudah untuk diterapkan.

#1 Berbagi Pengalaman Usaha

Ada banyak pengalaman wirausaha yang diberikan oleh bang izal dalam blognya. Mulai dari usaha mainan yang saat ini ia lakukan hingga usaha yang ia lakukan sebelumnya. Saya sendiri cukup kaget mengetahui blogger ini ternyata pernah menjadi karyawan sebuah tambal ban, berjualan vcd bajakan, merasakan rugi saat jualan sepatu roda dan lain sebagainya.
Bagi saya pengalaman yang beliau berikan ini sangat berharga. Karena saya dapat belajar bagaimana menjadi seorang pengusaha kecil. Saya sendiri baru tahun ini memulai usaha jualan buku sebuah penerbit dari Yogyakarta.

Beberapa tulisan beliau tentang seluk beluk dunia bisnis mungkin akan membuat pebisnis mainan yang sudah mapan akan geleng-geleng kepala. Betapa tidak. Setiap membahas tentang dunia bisnis mainan seakan-akan bang izal menguliti semua trik dan cara memulai bisnis mainan anak. Rahasia ini tidak akan didapat oleh orang yang baru mulai terjun ke dunia bisnis mainan meskipun ia membayar investasi untuk training yang mahal.

#2 Berbagi Kesuksesan dan Studi Kasus

Baru-baru ini bang Izal mengumumkan kalau beliau sudah disetujui menjadi publisher adsense oleh Google. Penghasilan sementara beliau untuk publisher baru terbilang fantastis. Masa-masa penantian sebagai publisher adsense berbuah hasil yang sangat mencengangkan (setidaknya untuk saya sendiri). Mungkin tidak lama lagi bang Izal akan mendapatkan penghasilan pertamanya di program Adsense. Tidak seperti saya yang masih sangat jauh dari titik pertama pay out.

Saya pernah menyarankan untuk bang izal agar beliau membuat sebuah program reseller atau afiliasi untuk bisnis mainan yang ia tekuni di dunia nyata. Hanya saja sepertinya beliau lebih focus untuk ngeblog sambil mendapatkan penghasilan melalui adsense sekarang.

Belum lagi untuk menggunakan blogger sebagai platform untuk bisnis online pastinya akan memiliki banyak kekurangan. Beda jika bang Izal memutuskan untuk mengganti platform dengan wordpress self host. Beliau dapat menggunakan plugin-plugin yang membantu untuk tujuan reseller / penjualan secara afiliasi tersebut.

Mungkin itu dulu yang bisa saya berikan kepada teman-teman. Semoga bisa jadi rujukan yang positif dan juga inspirasi untuk memulai usaha secara mandiri.

Jangan lupa untuk berbagi dengan yang lain dengan menyebarkan tulisan sederhana ini di media sosial milik teman-teman.

Artikel Terkait

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar

Om izal memang sosok yang fantastis., saya sendiri teringat dengan perkataan beliau yang mangatakan bahwa ngeblog prospek jangka panjang. dan jika menilik ulasan atau catatan di blog beliau memang jelas terlihat bahwa semuanya untuk jangka panjang. yang tidak akan mati ditelan waktu.

sangat mmenginspirasi :)

Balas

Betul mas. Saya banyak belajar soal bisnis dari blognya bang izal. Apalagi saya baru memulai usaha sendiri. Bang izal pun menjawab pertanyaan-pertanyaan saya soal modal bisnis maupun cara praktek bisnis. Salam kenal mas

Balas

Speak Your Mind