2018-01-24

Belajar SEO Blogspot Untuk Pemula Masuk Halaman 1 Google

Belajar seo blogspot merupakan proses yang sangat penting untuk dilakukan oleh blogger pemula. Dan tahapan ini tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Belajar seo untuk pemula tidak bisa instant teman-teman. Butuh proses yang (bagi saya) cukup lama.

Kalau teman-teman sudah tahu dasarnya dan sudah paham alur kerjanya, maka teman-teman akan lebih mudah mempraktekkan teknik seo website yang jumlahnya jutaan di google.

Setidaknya itu yang saya rasakan selama ngeblog dengan blogger.com. Ketika saya memulai ngeblog dan menerbitkan 10 artikel (sesuai dengan panduan Yaro Starak, Imer dari Australia) tiga bulan blog saya sepi pengunjung alias tidak ada yang membaca artikel yang saya terbitkan.

Rasanya pengen berenti aja ngeblognya.

Tapi untung saya melawan rasa ingin menyerah tersebut. Begitu saya belajar hal-hal mendasar tentang seo website, Alhamdulillah pelan-pelan untuk beberapa kata kunci saya mendapatkan trafik dari google (dan juga mengikuti kursus online hehehe...). Bahkan beberapa kata kunci yang persaingannya ketat dan volume pencariannya banyak.

Jika saya bisa teman-teman pun pasti bisa.

Intinya adalah terus belajar, praktek dan jangan menyerah.

Inilah 3 dasar seo yang harus teman-teman ketahui:

Pertama alur kerja dari mesin pencari dan bagaimana algoritma dari mesin tersebut berjalan saat digunakan seseorang,

Kedua: Pelajari koding atau bahasa pemograman website dasar (dan juga blog) seperti HTML, CSS, Javascript, dan XHTML.

Ketiga: kita harus memahami keunikan dari platform blogger itu sendiri.

Dengan belajar ketiga hal diatas, saya yakin teman-teman juga bisa bersaing dengan blog-blog besar lainnya untuk kata kunci yang sangat potensial baik di google maupun di situs pencarian lainnya seperti bing atau yahoo.

Saya tidak bisa memberikan jalan cepat untuk bisa tampil di halaman pertama google kepada teman-teman. Pasalnya saya bukan mastah ataupun suhu. Tapi apa yang akan saya bagikan merupakan proses saya dalam belajar seo blogspot.

Kita mulai saja.

Apa itu SEO dan Hubungannya dengan Mesin Pencari Informasi?

Mari kita ulang sedikit membahas tentang pengertian dari SEO. Dari pengertian tersebut kita akan lanjut beranjak ke alur kerja google.com.

SEO (search engine optimization) merupakan rangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas kunjungan dari mesin pencari (google/bing/yahoo/yandex dan lain sebagainya) menuju web atau blog kita dengan memanfaatkan cara kerja da algoritma dari mesin pencari tersebut. (wikipedia)

Dari penjelasan diatas kita bisa berkesimpulan fungsi SEO yang paling utama adalah meningkatkan jumlah (volume) kunjungan dari google (mesin pencari) menuju blog (website) kita.

Bagaimana cara meningkatkan volume kunjungan dari mesin pencari tersebut? Kuncinya: memanfaatkan alur kerja dan juga algoritma dari mesin pencari tersebut.

Bingung??

Awalnya saya juga. Tapi karena ingin mendapatkan kunjungan dari google saya sarankan baca pelan-pelan. Jujur saya butuh waktu kurang lebih tiga bulan untuk memahami SEO dan mengaplikasikannya ke blog di blogger.

Jadi mari kita mulai dengan memahami bagaimana google menampilkan penelusuran informasi yang kita inginkan.

Cara Google Menampilkan Hasil Penelusuran Sebuah Kata/Frasa?

Saya yakin teman-teman sudah pada tahu bagaimana mencari informasi melalui google. Namun tentu hanya yang ingin belajar seo yang pengen tahu secara detail bagaimana informasi yang kita inginkan bisa muncul di situs tersebut.

Mungkin hanya sedikit diantara kita yang kepo. Para mastah yang memberikan teknik seo untuk meningkatkan visibilitas blog di mesin pencari tentu sudah khatam hal ini. Jadi mereka bisa berbagi tips dan trik seo kepada kita semua.

Bagi yang belum mengetahui bagaimana detailnya google menampilkan penelusuran saya akan coba memberikannya secara ringkas.

Secara garis besar Google.com bekerja dalam tiga proses:

  1. Mengambil informasi tentang blog atau website dan juga konten yang ada didalamnya. Informasi blog kita diambil oleh sebuah crawler dan kemudian disimpan didalam database google. Makanya saat membuat blog kita sangat dianjurkan untuk mendaftarkan blog atau website ke alatwebmaster mesin pencari. Informasi yang sudah dikumpulkan oleh crawler kemudian diindeks oleh sistem google. Ini seperti kita mengelompokkan koleksi buku kita ke beberapa kategori yang kita inginkan.
  2. Proses kedua adalah menampilkan informasi yang tersimpan didalam database google saat seorang meminta informasi tersebut dengan mengetikkan teks atau melalui voice search. Google menampilkan hasil terhadap informasi yang diminta setelah melalui beberapa parameter yang dikenal dengan algoritma google).
  3. Terakhir google menerima respon pengguna terhadap hasil penelusuran yang diberikan. Apakah situs yang berada di posisi teratas merupakan informasi yang sesuai dengan yang dicari oleh pengguna atau malah situs yang berada di peringkat terakhir di halaman pertama hasil penelusuran. (Tulisan terkait dengan ini baca statistik bounce rate di google analytics).

Sepaham saya proses diatas tidak berlangsung dalam satu waktu. Saat kita mendaftarkan blog dengan mengirimkan peta situs ke Google search console, google baru melakukan perayapan dan pengumpulan informasi yang ada di dalam blog. Setelah informasi terkumpul, google kemudian melakukan penyortiran informasi berdasarkan parameter-parameter tertentu dan menunggu untuk dipanggil ketika seseorang mencari informasi terkait.

Berapa lama google merayapi dan mengindeks situs yang kita daftarkan? Saya tidak tahu persisnya. Dari pengalaman saya mendaftarkan beberapa blog ke alatwebmaster google, Untuk memulai perayapan sendiri crawler google membutuhkan waktu lebih kurang dua hari. Belum proses indexingnya.

Untuk terindeks di google, blog membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Tapi kita bisa meminta dipercepat dengan melakukan perintah fetch di akun webmaster.

Perhatikan disini ada dua istilah yang berbeda. Perayapan dan Pengindeksan. Perayapan merupakan proses informasi blog diambil oleh web crawler, sedangkan indexing merupakan proses sortir informasi yang dilakukan sistem google setelah data di blog diambil google. CMIIW.

(Tips: Selain fetch as google kita harus memperhatikan struktur data blog yang kita gunakan. Struktur data template blog yang rapi akan membuat proses indexing lebih cepat.)

Detail atau alur kerja dari mesin pencari google yang sangat cepat tersebut terdiri dari beberapa proses pelik lagi.

[jangan diganti tulisan yang sudah ada]

Proses diatas: menganalisa teks (keywords), menampilkan dan memberikan peringkat web/blog yang muncul di hasil penelusuran, menerima feedback pengguna. Semua berlangsung dalam waktu yang sangat singkat.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar bisa memanfaatkan alur kerja dari google.com tersebut?

Rahasianya terdapat dalam sebuah dokumen dari google sendiri.

  1. Judul Halaman Yang Unik dan Akurat.

    Disini kita harus belajar tentang bahasa pemograman website sederhana dengan menggunakan HTML. Tag judul ditandai dengan kode <title>. Tag ini akan memberikan info kepada mesin telusur mengenai topik dari blog kita atau laman artikel kita.

    Konten dalam tag <title> akan muncul di baris pertama saat google menampilkan hasil penelusuran. Dan sebisa mungkin keywords dari artikel atau blog seharusnya berada di dalam tag tersebut.

  2. Menggunakan meta tag "description"

    Meta tag description ini tidak akan terlihat oleh pengunjung kita. Penggunaan tag <meta description> digunakan untuk memberikan informasi ringkas dari konten yang kita terbitkan web crawler google. Informasi tak kasat mata ini akan ditampilkan oleh mesin telusur kepada pengguna saat artikel blog kita tampil dalam hasil penelusuran google.

    Jika teman-teman belum mengaktifkan fitur penelusuran di blog maka google akan mengambil cuplikan dari konten yang terdapat dilaman blog teman-teman sendiri. Mengaktifkan meta deskripsi untuk blog dan postingan ini bisa teman-teman lakukan melalui dashboard. Bahasan ini akan saya lanjutkan dalam cara mengaktifkan seo di blogspot.

  3. Meningkatkan Struktur URL

    URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator. Kita biasanya menyebutkan URL baik halaman depan maupun halaman artikel dengan kata yang singkat LINK (atau tautan). URL ini merupakan penanda lokasi sumber daya web atau blog. Sumber daya yang saya maksudkan bisa seperti gambar, kode program java, dan lain sebagainya.

    Google ingin kita menyederhanakan link atau jalan menuju konten kita. Di platform blogger kita bisa menyederhanakan fitur ini dengan menggunakan fitur permalink (biasanya ada di bagian postingan). Jika kita tidak menggunakan fitur permalink hasil dari url postingan kita bisa dipotong oleh sistem blogger.

    Apa teman-teman pernah memperhatikan url postingan yang terpotong? Misal judul artikel teman-teman 7 teknik seo rahasia untuk pengguna blogspot. Pada peramban judul tersebut akan terlihat semua. Tetapi kalau teman-teman memperhatikan URL atau link yang dihasilkan judul tersebut terpotong menjadi domain.com/2018/01/7-teknik-rahasia-untuk-pengguna.html.

    Efek negatif dari penggunaan link yang kepotong ini adalah crawler web mendapatkan informasi utuh tentang konten dari konten yang diterbit. Oleh karena itu saran terbaik saya maksimalkan penggunaan permalink tersebut.

  4. Membuat Situs Mudah dinavigasi

    "Navigasi sangat penting bagi mesin telusur" menurut dokumen rahasia google tersebut. Navigasi akan membuat crawler web mengetahui informasi yang terkandung di web kita.

    Kalau teman jalan-jalan ke mall atau ke sebuah tempat wisata, teman-teman pernah memperhatikan petunjuk jalan yang diberikan oleh tempat tersebut? Itu kegunaan dari peta situs. Kalau teman-teman menggunakan blogger sebagai platform blogging, peta situs ini sudah dibuat secara otomatis oleh sistem blogger.

    Ada dua peta situs yang harus teman-teman berikan di blog. Pertama untuk pengunjung yang datang dan membaca artikel teman-teman dan yang kedua peta situs untuk crawler web google.

    Tulisan mengatasi sitemap error ini semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami jenis peta situs untuk pengunjung web.

  5. Tawarkan Konten dan Layanan Yang Berkualitas

    Content is King. Konten adalah Raja. Raja disini adalah pengguna dari google.com dan juga pembaca blog kita sendiri. Apa yang membedakan artikel kita dengan artikel lain yang mempunyai topik yang sama?

    Kalau teman-teman pernah mengetikkan panduan membuat blog, maka perhatikan judul dan konten dari blog yang berada di peringkat 1-10 (biasanya di laman pertama hasil penelusuran). Apa yang bisa teman-teman tawarkan kepada yang mencari panduan untuk membuat blog dan membedakan tulisan teman-teman dengan blog lainnya?

    Disini teman-teman perlu mempelajari istilah search intent. Blog Hubspot dan Omblogging membahas topik ini dengan sangat jelas. Coba kunjungi situs-situs tersebut. Saya belajar dari sana.

  6. Tulis Teks Tautan Yang Lebih Baik

    Teks tautan biasa juga dikenal dengan anchor text. Yaitu teks yang akan membawa pengguna ke laman lain dari blog atau ke situs lain. Agar mesin pencari mengenali informasi tautan atau web yang kita tautkan gunakan teks untuk memberi informasi web tersebut. Contoh: Teman-teman akan memberikan rekomendasi artikel dari milik blogger lain. Maka untuk memberikan informasi singkat tentang blog yang akan kita tautkan tersebut gunakan teks.

    Teks yang ditautkan ke web atau blog lain itu jangan menggunakan kata-kata "disini", "di blog ini" dan lain sebagainya. Tapi gunakan teks yang deskriptif seperti "pembahasan tentang seo lebih lanjut silahkan baca di buatblogger". Tautan yang teman-teman berikan bisa di kata buatblogger.

    Coba teman-teman melihat wikipedia. Perhatikan teks tautan baik ke artikel lain baik di wikipedia sendiri atau sumber eksternal (web referensi). Semua dilakukan dalam bentuk teks.

  7. Optimalkan Penggunaan Gambar

    Saat menggunakan gambar sebagai pemanis artikel yang kita buat. Jangan lupa untuk menyisipkan atribut alt. Atribut ini akan memberikan alternatif untuk informasi untuk pembaca jika browser yang digunakan untuk mengakses blog atau artikel perihal gambar yang seharusnya ada di postingan tersebut.

    Perhatikan juga besar gambar yang digunakan untuk blog. Usahakan untuk menggunakan format gambar PNG ataupun SVG agar besar gambar yang digunakan tidak menyebabkan artikel tidak bisa dibuka oleh pembaca/pengunjung.

  8. Gunakan Tag Heading Sewajarnya

    Sama seperti saat kita menulis skripsi atau makalah heading berguna untuk memperjelas apa yang akan kita sampaikan. Beberapa artikel seo baik bule maupun lokal menyarankan agar kita menggunakan heading saat menulis. Disalah satu heading kita juga disarankan menyisipkan kata kunci (keyword) yang kita inginkan.

    Tapi JANGAN sampai overused heading. Kalau terlalu banyak menggunakan heading bisa jadi artikel kita akan memiliki densitas keyword yang besar. (Sarannya densitas keyword cukup 2.5%)

    Di blogger kita bisa menemukan menu heading ini didalam mode compose. Kalau teman-teman menggunakan mode html dalam menulis ingat jangan menggunakan tag head <h1> karena tag tersebut sudah terdapat di judul postingan pada saat kita publish.

  9. Gunakan Robot.txt Dengan Efektif

    Robot.txt merupakan sebuah perintah yang memberikan kontrol terhadap crawler web google dan mesin pencari lainnya. Kita bisa mengatur untuk perayapan sebuah laman dan mengabaikan laman yang lain. Tapi jangan salah menggunakan perintah robot. Kalau salah alih-alih terindeks, situs kita bakalan tidak bisa ditemukan di hasil penelusuran. Ada banyak panduan tentang penggunaan robot.txt yang dapat ditemukan di internet. Saya sendiri tidak terlalu memahami bagaimana cara menggunakan robot.txt di blogger. Salah setting robot.txt akan membuat index di blog akan berkurang dengan sangat signifikan. Kalau tidak terlalu paham jangan coba-coba untuk mengatur robot.txt blog anda.

    Kalau saya sendiri memilih tidak melakukan apa-apa di settingan robot.txt blogger. Karena pernah pengalaman tiba-tiba blog saya yang sudah terindeks 26 buah tiba-tiba berkurang hingga 3 artikel saja.

  10. Bijak Menggunakan Tautan rel="nofollow"

    Tautan rel nofollow merupakan salah satu perintah kepada crawler web mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan yang kita berikan. Dengan kata lain kita merekomendasikan kepada pembaca untuk mengikuti link tetapi untuk google link tersebut tidak berarti apa-apa. Ketika memberikan tautan teks dengan atribut rel=nofollow ke blog/web lain artinya kita tidak memberikan sinyal ke google kalau web/blog tersebut bermanfaat.

    Attribut rel nofollow ini digunakan untuk memerangi spam (promosi aggresif dari sebuah produk atau affiliate seller) yang biasanya terletak di laman komentar dan papan pesan.

  11. Informasikan Keberadaan Situs Seluler Web

    Saat ini zamannya gadget. Banyak orang didunia yang menggunakan gadget untuk mencari sebuah informasi secara cepat. Oleh karena itu google menyarankan agar kita menggunakan salah satu teknologi web saat ini: Responsive Web Design atau Accelerated Mobile Page.

    Platform blogger secara default memiliki teknologi responsive web design. Jadi apapun perangkat pengguna yang datang ke blog kita untuk baca artikel atau membeli sesuatu mereka akan mudah memperoleh maksud dan tujuannya. Jika ternyata hasil dari google analytics memberikan informasi perangkat yang lebih banyak digunakan orang untuk mengakses artikel adalah dari smartphone. Maka pertimbangkan untuk belajar mengkonversi template blog Anda sekarang ke teknologi AMP.

  12. Pandu Pengguna Seluler dengan Akurat

    Google memprediksi di tahun 2020 manusia di planet bumi ini akan terkoneksi lewat internet. Dan penggunaan internet yang paling banyak dilakukan adalah melalui smartphone/tablet. Makanya banyak sekarang yang menawarkan template blog yang bisa diakses baik melalui komputer (desktop) maupun mobile.

    Saat pengguna menggunakan perangkat seluler dalam mengakses konten yang ada di sebuah laman artikel, kita harus memberikan informasi kepada pengguna kalau kita juga mempunyai konten yang sama di laman desktop. Bagi teman-teman yang menggunakan template bawaan blogger informasi untuk pengguna kalau laman yang sama bisa diakses melalui perangkat mobile dapat dilihat dibagian footer. Beda dengan template blog yang dibeli atau sudah custom. Informasi ini harus ditambahkan sendiri.

  13. Promosikan Situs Web Dengan Benar

  14. Manfaatkan Alat Webmaster

    Agar blog kita bisa mencapai tujuan yang kita inginkan (terkenal, dapat uang dari iklan dan lain sebagainya) kita perlu membuat sebuah alat ukur. Kita perlu mengetahui kata yang digunakan oleh seorang pengguna hingga mengunjungi blog yang kita miliki atau laman artikel mana yang paling banyak dikunjungi. Ini bisa kita lakukan jika kita sudah mendaftar di google search console. Saya sedikit membahas bagaimana cara menggunakan google search console (Alatwebmaster Google) berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bisa membantu teman-teman untuk mengembangkan blognya.

Semua rahasia diatas berasal dari dokumen belajar seo. Silahkan dibaca.

Belajar seo blogspot (blogger.com)

Setelah teman-teman paham tentang cara kerja google dan juga rahasia optimasi dari sumber resmi saatnya kita melakukan beberapa perubahan di dalam template blogger kita. Pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan preferensi penelusuran. Dengan mengaktifkan fitur ini kita akan otomatis mengaktifkan meta deskripsi untuk homepage blog maupun untuk artikel yang kita miliki.

Langkah kedua adalah mengakali agar tag header <h1> dapat menampilkan judul. Template bawaan blogger rata-rata menggunakan tag heading <h2> untuk menampilkan judul postingan kita. Agar keyword yang kita bidik tepat sasaran kita harus menggunakan kata kunci tersebut di tag <title> dan <h1>. Contoh: kita akan bidik keywords "cara menaikkan peringkat website di google". Kata kunci ini harus berada di tag html <title> dan <h1>. Sedangkan di blogger (kalau teman-teman menggunakan template bawaan) judul postingan kita tersebut akan berada pada tag html <title> saja. Ini yang harus diakali.

Bagaimana cara membuat judul berada di antara dua tag html <title> dan <h1>?

Di template bawaan blogger, ketika kita mengakses laman artikel (sebagai contoh) judul dari artikel kita akan berada di tag html <h3>. Agar keyword yang terdapat didalam judul berada didalam tag <h1> yang kita butuhkan adalah merubah tag <h3> tadi menjadi tag <h1>.

Dengan mengubah kode didalam page header tersebut saya menemukan sebuah masalah baru. Judul blog kita berubah menjadi judul artikel. Jadi biasanya judul blog kita itu selalu muncul di setiap postingan dan ketika seseorang ingin kembali ke halaman depan, ia akan menekan URL homepage yang terdapat di page header tersebut. Disinilah berperan kode khusus <b:tag> dan <b:attr> yang saya sebutkan tadi.

Agar di page header judul blog kita selalu muncul di setiap url (entah itu artikel, laman statis atau laman lainnya) kita perlu merubah tag yang terdapat di data:title. Kode ini dapat ditemukan di widget pageheader.

sumber:

Artikel Terkait