Skip to main content

CARA MENDAPATKAN DOMAIN .COM GRATIS SELAMANYA

CARA MENDAPATKAN DOMAIN .COM GRATIS SELAMANYA


Apakah Anda sedang mencari cara mendapatkan domain .com gratis selamanya? Jika jawabannya IYA, semoga tulisan saya yang berdasarkan pengalaman pribadi kali ini bisa membantu.

Memiliki pertimbangan untuk menggunakan domain .com merupakan keputusan terbaik yang teman-teman lakukan. Kenapa? Karena umumnya website di dunia menggunakan gTld tersebut sebagai alamat website mereka. Menurut situs verisign pendaftaran domain .com sudah mencapai 120 juta sejak pertama kali diperkenalkan tahun 1985. Verisign ini merupakan perusahaan yang mendapatkan kepercayaan dari IANA, asosiasi internasional untuk mengatur kepemilikan alamat website di seluruh dunia, yang mengelola domain dengan akhiran .com tersebut.

Saking populernya penggunaan domain .COM ini kemungkinannya kecil untuk teman-teman blogger mendapatkan alamat dengan nama domain .com yang diinginkan. Alternatifnya jika alamat website dengan akhiran .COM sudah dimiliki oleh orang lain, kita bisa juga memilih gTLD populer lainnya seperti .NET, .Biz, atau domain identitas negeri sendiri (ccTLD) .ID.

Saran: Sebelum cek ketersediaan alamat domain .com, persiapkan setidaknya 10 nama yang akan menjadi alamat website teman-teman. Kalau butuh inspirasi silahkan baca tulisan memilih nama domain disini.

Seperti yang teman-teman lihat sendiri alamat blog saya yang khusus membahas hal-hal berkaitan dengan internet dan bisnis online menggunakan akhiran .NET (baca: dot NET). Keputusan ini saya lakukan karena untuk alamat dengan ekstensi .COM sudah diklaim sebuah perusahaan broker domain Amerika dan untuk menebusnya saya harus merogoh kocek hingga ribuan dolar (tepatnya 2,195 USD) ke pemilik alamat domain ini sekarang, hugedomain.com.

Domain untuk blog/website tidak hanya merupakan alamat. Lebih dari itu domain juga merupakan identitas kita di dunia maya.

Sebelum saya memiliki ide untuk menggunakan alamat www.buatblogger.net, saya awalnya memilih untuk menggunakan nama sendiri untuk alamat blog. Keren juga rasanya kalau bisa menggunakan alamat kandra.com. Tetapi ternyata kandra.com itu sudah didaftarkan oleh pekerja seni asal amerika yang kebetulan miliki nama yang sama dengan saya. (padahal saya pikir nama pemberian orang tua tidaklah umum alias mungkin cuma satu-satunya di dunia).

Bahkan untuk ekstensi .NET pun si artis pun memilikinya.

Sampai akhirnya PANDI berdiri dan mengelola pendaftaran nama domain khusus untuk negara Indonesia (.ID), akhirnya mendapatkan alamat blog yang sesuai dengan keinginan saya, kandra.id.


Jadi Kalau teman-teman punya niat untuk membeli domain sekarang, jangan ditunda-tunda niat tersebut.

Awalnya kandra.id merupakan kumpulan tulisan saya tentang apapun. Hingga saya pun membaca dan mempelajari kalau ingin sukses baik sebagai publisher iklan Google Adsense ataupun menjadi affiliate marketer, kita harus membuat sebuah web dengan konten khusus. Ini yang melatarbelakangi saya membuat buatblogger.net. Bahkan ide untuk mendaftarkan nama blog baru untuk tujuan tadi, buatblogger, muncul setelah saya menjelajahi kata kunci di google search console. Bagi saya ini merupakan rejeki.

Akhirnya dibulan Agustus 2017, ketika mencari promo domain murah, saya menemukan penawaran dari web hosting bernama Exabytes Indonesia berupa domain .NET plus Email Hosting. Saya coba daftarkan alamat blogspot di program tersebut dan ternyata pengajuan mendapatkan domain gratis kepada exabytes.co.id diterima. Jadilah saya menggunakan domain .net gratis ini selama tahun 2017/2018.

Setelah setahun menggunakan domain buatblogger.net dengan gratis, saya pun akhirnya memutuskan untuk melanjutkan menggunakan domain ini ke depan. Pertimbangan saya melanjutkan menggunakan alamat ini setidaknya ada dua:

  1. Pertama, Blog baru ini berdasarkan beberapa tool riset kata kunci memiliki ribuan pencarian per bulan di google.
  2. Kedua, Lebih kurang dalam 6 bulan saya mendapatkan beberapa rejeki seperti full approve adsense (dengan email baru), dan link afiliasi yang terjual hingga tingkat konversinya hampir 1 %. (FYI menurut teman-teman saya di komunitas blogger, tingkat konversi tersebut sudah lumayan tinggi.

Sekarang saya infokan bagaimana cara mendapatkan domain .com gratis selamanya dari exabytes.

  1. Daftar di situs exabytes.co.id
  2. Klik icon orang di sudut kanan atas pada situs tersebut
  3. Tekan daftar
  4. Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi yang valid
  5. Pada kolom Tambahan Informasi, pilih Blog. Lalu isi nomor telpon yang dapat dihubungi
  6. Pada pertanyaan How did you find us, pilih other
  7. Isi kolom password yang akan digunakan
  8. Beri tanda centang pada Syarat dan Layanan jika teman-teman sudah membaca persyaratan penggunaan layanan exabytes. Lalu cek kembali data diri yang telah diberikan pada kolom informasi pribadi diatas.
  9. Klik tombol register
  10. Setelah itu teman-teman cek email konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan oleh situs exabytes. (Saran: Jika tidak ditemukan di INBOX, coba cari di folder SPAM).
  11. Klik link konfirmasi yang diberikan oleh exabytes.co.id di email yang telah teman-teman terima.
  12. Kemudian Login dengan menggunakan email yang sudah didaftarkan dan juga password yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  13. Di member area exabytes.co.id, pilih tombol menu > web hosting > hosting pribadi & usaha kecil
  14. Pilih paket hosting yang akan digunakan. Email hosting (GROW) atau Hosting Ebiz. (Saya memilih menggunakan paket ebiz plus di exabytes untuk ternak blog yang disisipi kode adsense.)
  15. Setelah memilih paket hosting yang diinginkan tekan tombol pesan sekarang.
  16. Pilih register domain baru dan cek ketersediaan domain lalu tekan tombol continue.
  17. Pilih durasi tagihan untuk hosting. (Saya pribadi memilih 1 tahun)
  18. Lalu klik tombol continue. Kalau teman-teman memesan hosting exabytes sekarang teman-teman bisa mendapatkan domain .com gratis dan juga potongan harga hosting 50% melalui link saya berikut.
  19. Lakukan pembayaran dengan metode yang teman-teman inginkan. Exabytes Indonesia memiliki beragam cara pembayaran mulai dari virtual account, pembayaran dengan kartu kredit, transfer bank, pembayaran lewat alfamart grup (pilihan saya saat beli domain .com untuk anak), Doku Wallet dan ipay88. Rekomendasi dari exabytes agar domain langsung aktif beserta hostingnya adalah menggunakan virtual account atau membayar dengan kartu kredit.
  20. Setelah melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi dengan mengirimkan bukti pembayaran ke email billing@exabytes.co.id

Syarat mendapatkan domain gratis ini kok harus beli hosting dulu ya gan? Kalau ngeluarin duit bukan gratis dong namanya?

Betul.

Domain dan hosting pada dasarnya adalah dua hal yang berbeda. Sebuah perusahaan yang menjual domain pada dasarnya adalah menjual layanan pendaftaran domain yang diinginkan tersebut ke lembaga resmi yang ditunjuk oleh asosiasi pengelola internet. Jadi domain bukanlah sebuah sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan registrar berbeda dengan hosting. Perusahaan penyedia layanan hosting bisa memiliki server atau komputer khusus untuk menyimpan file-file yang dibutuhkan untuk website.

Dulu, sekitar tahun 2007-2008 saat saya baru berkenalan dengan website dan blog ini, seorang blogger harus membeli domain dan hosting di tempat yang berbeda. Hal ini membuat effort untuk memaintain blog menjadi lebih banyak dan pastinya modalnya juga lebih besar. Gambarannya begini. Saya beli domain buatblogger.net di exabytes lalu saya pun beli hosting di perusahaan lain. Sekarang hampir setiap perusahaan layanan pendaftaran domain dan layanan hosting memberikan dua hal tersebut dalam satu harga. Biasanya harga domain dikorbankan alias sudah termasuk dalam layanan hosting. Jadilah kita mendapatkan domain gratis saat menggunakan layanan hosting dari perusahaan bersangkutan. Kalau diukur biaya pendaftaran domain dibandingkan dengan biaya hosting lebih mahal biaya hosting. Maka kita bisa mendapatkan domain gratis selamanya ketika membeli paket hosting.

Nilai investasi dari mendapat domain .com gratis dengan membeli hosting yang agan ANGGAP MAHAL akan lebih besar saat blog tersebut agan jual di Flippa.

Nilai jualnya juga akan sangat tinggi jika agan melakukan monetisasi entah itu dengan adsense, jualan produk dan lain sebagainya. Bukalapak.com saja dimulai dari sebuah kosan dengan harga beli domain kala itu 80 ribu rupiah oleh Achmad Zaky sang CEO. Sekarang jika ada yang tertarik untuk mendapatkan bukalapak pastinya harus merogoh kocek sangat dalam.

Tidak percaya? Bukalapak.com sudah disuntikkan dana milyaran dolar oleh beberapa investor dunia. Pastinya para investor itu ingin modalnya balik plus dengan keuntungan. Ah.. ga kebayang saya siapa yang mampu membeli bukalapak.com sekarang.

Kalau teman-teman tetap mencari cara mendapatkan domain gratis selamanya, seperti domain .TK, .ML, .GQ, .GA, .CF, silahkan baca tulisan saya tentang domain gratis, sekedar menambah pertimbangan saja). Pesan saya bagi yang ngincer domain freenom: baca peraturannya baik-baik.

Jika teman-teman ingin lebih profesional dalam ngeblog dan ingin move-on dari blogger dan menggunakan wordpress, cek diskon exabytes awal tahun 2019.

Share this:

Open Comments