Skip to main content

EMAIL DOMAIN SENDIRI: CARA MEMBUAT & MANFAATNYA

EMAIL DOMAIN SENDIRI: CARA MEMBUAT & MANFAATNYA

cara membuat email @nama perusahaan gratis - Teman-teman masih menggunakan email gratis untuk menawarkan layanan atau barang kepada pengunjung? Kalau masih dan teman-teman sudah punya domain sendiri, kali ini saya ingin berbagi cara membuat email perusahaan di gmail. Cara membuat email dengan menggunakan nama perusahaan yang sudah didaftarkan menjadi nama domain di layanan email Google, Gmail. Dengan panduan ini teman-teman akan menggunakan email Gmail untuk bisnis dengan gratis tanpa harus berlangganan layanan GSuite. Syarat utama agar bisa mengikuti panduan ini adalah memiliki email hosting, seperti paket Grow exabytes atau menggunakan hosting email yang disediakan situs zoho.com. Langsung kunjungi webnya setelah membaca langkah-langkah membuat email perusahaan yang saya berikan.

Mungkin teman-teman bertanya kenapa harus menggunakan gmail? Bukankah Exabytes sudah memberikan email hosting bersama domain yang didapat dari program Grow Exabytes?

Betul sekali.

Dengan mendaftar di program Grow teman-teman sudah mendapatkan layanan email hosting yang dapat digunakan hingga 5 user untuk berbagai kepentingan. Namun secara pribadi saya tidak terlalu memahami fitur yang terdapat di email hosting tersebut.
Tampilan emailnya pun menurut saya terlalu gloomy dan akibatnya butuk untuk semangat berbisnis.
Kalau tampilannya udah gloomy bagaimana kita akan membuat email yang berisikan ajakan untuk membeli barang atau menggunakan layanan kepada orang lain?
Sebaliknya gmail memiliki tampilan yang sangat menarik. Kita bahkan bisa mengganti background  agar kita nyaman menggunakannya.

Loh, harus berlangganan Google Apps donk?

Tidak sama sekali. Seperti yang saya bilang diawal kita tidak harus membayar layanan yang tergolong premium ini. Kadang ini yang menjadi salah kaprah karena kurangnya pengetahuan kita. Cara membuat email dengan domain sendiri di google tidak mesti harus berlangganan GSuite.
Bagi kita blogger yang masih belum mendapatkan penghasilan dari adsense atau penjualan berinvestasi di Google Apps bahkan untuk satu akun saja masih terasa berat. Saya pernah merasakannya. Berlagak professional dan mendaftar di google apps tapi justru memberatkan biaya operasional ngeblog.

Murah memang. Harga layanan GSuite yang ditawarkan oleh beberapa web hosting Indonesia yang menjadi reseller kurang dari 100 ribu. Kita bisa memanfaatkan produk premium dari google apps tersebut tapi saran saya untuk yang baru mulai jangan terlalu jor-joran dalam memulai bisnis online anda. Pertimbangkan uang keluar dengan uang masuk. Jangan sampai anda bangkrut dan menjual aset bisnis (baca: domain dan database pelanggan anda).

Kalau teman-teman yakin akan mendapatkan omset yang cukup untuk memulai dengan menggunakan google apps, saya persilahkan.

Kalau menggunakan email yahoo mas?

Satu-satu dulu yah. Saya akan coba mengeksplor mail yahoo yang saya punya terlebih dahulu. Nanti saya akan bagikan cara membuat email dengan domain sendiri di yahoo untuk pembaca buatblogger.net. Jangan lupa untuk mendaftarkan email-nya di formulir yang sudah tersedia.
Bagian bawah posting ini atau disampingnya. Tergantung perangkat yang Anda gunakan.

UPDATE: Setelah saya cari informasi tentang hal diatas baik dengan mengunjungi web resmi Yahoo ataupun website support pelanggan Yahoo! kesimpulan yang saya ambil sebagai berikut; Untuk menggunakan custom email Yahoo kita harus menggunakan layanan berbayar mereka, Yahoo small business. Jadi pemilik akun email Yahoo mau tidak mau harus membuat akun Gmail untuk melanjutkan panduan buat email perusahaan dengan domain sendiri.

Sip lanjut.

Kenapa kita harus menggunakan email berformat @nama perusahaan?

Email merupakan alat komunikasi yang menggunakan internet tertua. Sebelum adanya website atau aplikasi mobile seperti sekarang, email merupakan alat yang digunakan untuk saling bertukar informasi atau memberikan penawaran kepada para pelanggan. Selama ini banyak diantara pebisnis online yang menggunakan layanan gmail, yahoo, atau hotmail untuk berkirim email kepada pelanggan mereka. Mereka membuat email dengan nama perusahaan sebagai alamat alih-alih nama sendiri atau nama yang disarankan oleh sistem dari penyedia email tersebut.

Pernah tidak membuat email bisnis seperti pencaricerah.com@gmail.com? Pernahkan berada disisi pelanggan dan merasakan tanggapan pertama yang diterima saat menerima penawaran, invoice dan lain sebagainya dari email yang menggunakan gmail tersebut? Siapa tahu penawaran yang pernah kita kirimkan ternyata diragukan oleh calon customer karena takut si pengirim bukan orang yang mereka maksud.

Agar email kita terlihat lebih profesional kita harus menggunakan domain sendiri untuk memberikan kabar kepada para pelanggan yang sudah mendaftar di mailing list yang kita berikan di website.
Seperti yang saya sampaikan diatas, untuk menggunakan gmail sebagai email untuk memasarkan layanan atau barang yang kita punya, kita tidak harus membeli layanan google apps. (setidaknya sampai kita benar-benar perlu).

Teman-teman cukup menggunakan email yang sudah di daftarkan di gmail untuk memulainya.
Saya tidak tahu dengan teman-teman tapi kalau saya sendiri memiliki beberapa akun di gmail. Jadi pilih dengan bijak email yang akan digunakan untuk email perusahaan di daftar email pribadi teman-teman.

6 Langkah Cara Membuat Email Domain Sendiri Gratis

Langkah #1

Masuk ke cpanel mail hosting.
Kalau kamu mendapatkan domain gratis exabytes cara masuk ke mail hosting sebagai berikut:
Ketik cpanel.domainkamu.net. Lalu isi kotak username dan password yang tersedia. Kalau kamu tidak tahu apa username dan password cpanel kamu, cek kembali email yang pernah dikirim oleh exabytes.

Langkah #2

Masuk ke Menu Cpanel: Email
Klik email account. Lalu scroll ke bawah hingga menemukan sub menu Email Accounts. Klik tombol Set Up Mail Client.





Lalu scroll ke bawah hingga menemukan Mail Client Manual Settings



Klik set up mail client lalu kopi informasi tersebut.
Username:kandra@pencaricerah.com
Password:Use the email account’s password.
Incoming Server:
IMAP Port:993
POP3 Port: 995
Outgoing Server:
SMTP Port:465
IMAP, POP3, and SMTP require authentication.

Pengaturan email diatas yang kamu dapatkan dari mail hosting exabytes, silahkan di copas dan letakkan di notepad atau word atau note di komputer teman-teman sendiri.

Langkah #3

Masuk ke akun email google (gmail), kalau teman-teman belum punya akun gmail ikuti cara bikin email google yang diberikan oleh teman saya. Pada akun gmail klik ikon roda gigi yang terdapat di pojok kanan atas, kemudian pilih setting/pengaturan (tergantung bahasa pengantar gmail digunakan).

Cari Tab Akun dan Impor dan tekan menu di tab tersebut.

Pada menu Cek Mail from other accounts (using POP3) atau periksa email dari akun lain masukkan data POP3 port yang terdapat di Mail Client Manual Setting yang sudah dicopas ke komputer tadi.
Pada pop up menu baru masukkan alamat email yang terdapat di Email Accounts

Masukkan settingan email yang sudah didapat di hosting email exabytes (pada langkah sebelumnya)
Masukkan username, Password email, Incoming server, dan Port yang diberikan sistem.

Centang pilihan yang anda inginkan lalu tekan tombol tambahkan akun. Kalau berhasil maka akan ada informasi email sudah ditambahkan. Jangan tutup dulu pengaturan email dengan domain sendiri di gmail karena langkah tadi baru memberikan akses kepada gmail untuk mengambil email yang masuk ke email hosting di cpanel tadi. Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya cek ya pada pilihan anda ingin mengirim email sebagai kandra@pencaricerah.com.

Langkah #4

Masukkan ke konfigurasi SMTP yang didapat dari email hosting exabytes diatas (Username username@domainkamu.net, Password (password yang kamu punya), Klik tombol Tambahkan akun.

Agar kita bisa menggunakan gmail sebagai platform email untuk domain sendiri maka sistem gmail perlu memverifikasi domain tersebut.

Langkah #5

Masuk ke mail hosting exabytes untuk akun email yang didaftarkan dan cari email dari gmail. Nah kalau ga ada pesan masuk, cek inbox email akun gmail yang kita gunakan untuk domain sendiri tadi.
Kasus saya inbox masuk sudah diserap semua oleh gmail. Klik link yang diberikan oleh sistem gmail atau masukkan kode verifikasi. Setelah itu baru teman-teman klik tombol verify.

Setelah teman-teman menekan tombol verify maka teman-teman bisa menggunakan email dengan domain sendiri untuk berkirim email kepada para calon pelanggan. Namun masih dari pengalaman saya, saat membalas email yang sudah masuk ke akun email yang terdapat di cpanel pada kolom pengirim masih berupa alamat gmail. Oleh karena itu lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah #6

Sekali lagi teman-teman masuk ke menu pengaturan gmail / setting. Klik tab akun dan impor ganti alamat email gmail dengan dengan alamat email dengan domain yang didapat dari exabytes (namakamu@gmail.com menjadi akunemail@domainkamu.net). Set akun-email@domain.net sebagai default.

Setelah semua langkah dilakukan, jika tidak ada masalah maka anda bisa mendapatkan email perusahaan sendiri yang gratis.

Bagaimana cara login email perusahaan yang dibuat melalui gmail pribadi ini?

Cek email dan berkirim email melalui gmail, bisa anda gunakan seperti biasa. Jadi untuk login ke akun email yang sudah anda custom, entah itu untuk membaca email ataupun mengirimkan email kita tidak menggunakan nama-akun-email@domain.net, tetapi seperti biasa. Masukkan username gmail beserta passwordnya.

Kalau ingin menggunakan login email perusahaan seperti namaakunemail@domain.net Anda harus berlangganan Gsuite terlebih dahulu baru bisa masuk melalui link admin.google.com.

Apakah ini cara membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya gan?
Dengan menyesal saya harus menjawab TIDAK. Cara membuat email dengan domain sendiri dig mail tergantung pada mail hosting yang teman-teman dapatkan di exabytes. Seperti yang kita ketahui Program Grow hanya memberikan domain dan hosting email gratis untuk tahun pertama (pada saat kita mendaftar) untuk selanjutnya kita harus membayar layanan yang diberikan exabytes tersebut.
Dengan harga 400 ribuan (domain plus hosting email) silahkan teman-teman kalkulasikan sendiri apakah layanan ini menguntungkan bisnis teman-teman atau tidak..

Membuat email domain sendiri tanpa hosting rasanya sangat tidak mungkin. Karena untuk trik membuat email dengan domain sendiri di gmail maupun yahoo domain kita akan menjadi alias dan kita membutuhkan mail server yang dimiliki oleh mail hosting yang disediakan oleh exabytes.
Mungkin saya kurang ilmu tentang membuat email domain sendiri tanpa hosting ini, kalau ada yang tahu bagaimana caranya tolong infoin ke saya.

Sumber:
  • https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-email-dengan-domain-sendiri-di-gmail/

Share this:

Open Comments