Skip to main content

Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Di Layanan Blogger.com (Blogspot)

Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Di Layanan Blogger.com (Blogspot)


Trik ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan Domain Name System (DNS) Manager yang diberikan oleh tempat kita membeli domain. Jadi semoga artikel sederhana mengenai cara redirect domain lama ke domain baru di layanan blogger.com (baca:blogspot) bisa membantu.

Kenapa sih harus mengganti domain untuk blog?

Ada banyak alasan kenapa seorang blogger (atau pemilik bisnis) mengganti nama website atau blognya. Convertkit sebuah layanan marketing berbasis web mengganti nama web mereka dengan seva.com. Alasannya agar lebih brandable. Hanya sayang pemilihan nama situs yang baru tersebut menghadirkan perdebatan khususnya di komunitas hindu. Akhirnya convertkit tetap menggunakan alamat lama tetapi juga tidak bisa menghilangkan atau membuang alamat baru.

Beda dengan convertkit yang ingin alamat website yang lebih sederhana dan brandable, seorang teman baru saya di grup facebook Sekte Karungan ingin merubah alamat blog karena tiba-tiba iklan yang sebelumnya tampil tiba-tiba blank. Saya tidak tahu apa permasalahan di konten blog teman saya tersebut hingga iklan yang sebelumnya muncul tiba-tiba blank, namun karena masalah tersebut ia memutuskan untuk merubah domain.

Saya sendiri memilih untuk menggunakan kembali domain buatblogger.net karena alasan profit. Dengan domain yang saya dapatkan secara gratis dari program GROW exabytes, nilai cpc adsense saya jauh lebih besar dibandingkan dengan alamat subdomain web.kandra.id yang saya gunakan.

Maksud saya awalnya mencoba apakah benar saya akan mendapatkan domain gratis dengan mengikuti program GROW exabytes. Setelah membuktikan kalau exabytes benar-benar memberikan domain gratis, saya kemudian ingin mencoba mendaftarkan domain baru ini di google adsense. Berapa lama sih rentang waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan persetujuan full dari adsense untuk sebuah domain baru?

Setelah adsense menyetujui domain baru saya ini, buatblogger.net, menampilkan iklan saya ingin berhemat budget untuk ngeblog. Selain buatblogger.net saya memiliki beberapa domain lagi yang harus diurus. Pastinya pengeluaran saya akan sangat besar dibandingkan pemasukan. Makanya saya mencoba membuat alamat baru di web.kandra.id.

Hasil merubah domain untuk blog yang hosting di blogger ini sangat mengecewakan. Posisi beberapa artikel yang muncul di pageone malah melorot jauh, penghasilan BPK pun turut menghilang secara perlahan. Makanya daripada nol sama sekali saya pun akhirnya memutuskan untuk membeli domain gratis buatblogger.net dan kembali memasangnya untuk blog di layanan blogger.com ini.

Hampir seminggu saya memutuskan untuk menggunakan alamat buatblogger.net, penghasilan adsense kembali membaik. Tidak sampai ribuan rupiah per klik tetapi masih lebih besar dibandingkan menggunakan sub-domain sebelumnya.

Jadi ini yang saya lakukan saat kembali menggunakan domain lama menggantikan domain baru.

1. Import konten yang ada di blog.

Meski saya tidak akan membuat akun baru yang kemudian di pasang alamat blog baru, menyimpan konten yang sudah ada sebelumnya perlu dilakukan. Setidaknya buat cadangan jika sewaktu-waktu terjadi perubahan peraturan di blogger dengan menonaktifkan beberapa akun blog. (Catatan: hal ini pernah terjadi beberapa tahun yang lalu. Meski sekarang tidak terdengar lagi ada badai banned di blogger, setidaknya saya sudah bersiap-siap).

2. Masuk ke menu setelan > dasar > publikasi > alamat blog lalu klik edit. Ubah domain lama Anda ke domain baru. Pastikan dengan aplikasi whatsdns, jika cname maupun a record domain baru sudah pointing ke hosting google. Kalau anda langsung menambahkan domain baru ke akun blog sebelum alamat domain tersebut pointing ke blogger kemungkinan anda akan mendapatkan notifikasi kesalahan. Jadi saran saya pastikan dulu cname dan a records sudah menunjukkan ip address dan cname dari google.

3. Lalu tekan tombol save (simpan)

Mudah bukan cara redirect domain lama ke domain baru blogger. Pekerjaan Rumah yang harus dilakukan setelah perubahan alamat domain berhasil dilakukan adalah memperbaiki internal link yang pastinya akan menghasilkan kesalahan server 404.

Di beberapa artikel mengenai cara redirect domain lama ke domain baru yang saya baca, ada kode yang harus ditambahkan. Ini tampilan kodenya:
<script type="text/javascript">
var d="<data:blog.url/>";
d=d.replace(/.*//[^/]*/, "");
location.href = "https://www.domainbaruanda.com" + window.location.pathname;
</script>

Keuntungan menggunakan kode diatas menurut saya, dari beberapa artikel yang saya baca, akan me-redirect pengunjung dari URL lama ke Homepage domain baru secara otomatis. Jadi sembari anda memperbaiki link internal yang masih memiliki alamat blog lama didalamnya, skrip ini akan membantu anda untuk bilang ke pengunjung: "Alamat artikel tersebut telah dirubah, silahkan cari judulnya melalui formulir pencarian. Belum dihapus kok, Maaf baru beres-beres."

Nah kelemahannya ada di google. Kode javascript untuk meredirect pengunjung yang datang ke web Anda sangat tidak disarankan oleh google. Kita seakan-akan ingin mengelabui google dengan mengelabui pengunjung untuk konten tertentu. Disinilah anda harus menambahkan langkah redirect website, yaitu melakukan redirect domain lama ke domain baru yang sudah diverifikasi google sebagai milik anda di Google Search Console.

Selama ini yang saya tahu, untuk memverifikasi kepemilikan situs kita pengguna blogger disarankan untuk menggunakan meta tag verification. Meta tag merupakan kode html yang tidak dapat dilihat oleh pengunjung namun berguna untuk memberikan informasi mengenai website kita kepada robot mesin pencari. Bagi anda pengguna custom domain blogspot, saran saya tambahkan metode verifikasi anda untuk tingkat domain.

Dengan menggunakan verifikasi tingkat domain ini, anda akan mudah memberitahukan google tentang perubahan alamat blog. Jadi blog kita tidak langsung kering dari pengunjung yang berasal dari mesin pencari. Cara melakukan verifikasi kepemilikan situs melalui verifikasi domain adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke detail verifikasi
2. pilih verifikasi dengan menggunakan metode yang berbeda
3. pilih penyedia nama domain,
4. kalau penyedia nama domain tidak ada dalam daftar klik lainnya
5. ada dua cara untuk memverifikasi kepemilikan domain anda: rekam txt dan juga rekam cname.
6. tambahkan rekam txt atau rekam cname tersebut di dalam dns anda, lalu klik tombol verifikasi.

Lakukan langkah diatas baik untuk domain yang lama maupun domain baru yang akan anda gunakan.

Setelah dua alamat yang anda miliki terverifikasi langkah selanjutnya adalah memberitahu google perihal perubahan alamat yang terjadi di blog anda. Caranya
1. klik roda gigi dibagian kanan atas dashboard alamat web yang akan diubah
2. pilih alamat situs yang akan anda gunakan dari daftar situs yang sudah diverifikasi
3. konfirmasikan ada informasi redirection 301 untuk domain yang akan diubah
4. periksa apakah metode verifikasi masih ada
5. ketika poin 2 hingga 4 tidak ada masalah maka klik tombol kirim

Pengalihan 301 itu harus dari server, blogger tidak memberikan akses kepada penggunanya untuk mengakses server. Jadi bagaimana caranya agar penggantian alamat blog bisa berjalan lancar untuk mesin pencari?

Kita harus memastikan kepada perusahaan dimana kita beli domain apakah mereka memiliki fitur penerusan atau forwarding. Fitur ini nantinya akan kita gunakan untuk redirect alamat lama ke alamat baru dan memberikan informasi server terjadinya perubahan alamat 301 untuk robot google. Di exabytes saya tidak menemukan fitur ini kecuali jika saya masuk kedalam cpanel hosting. Saya akan memberikan contoh melalui domain saya yang berada di rumahweb.com.

Di rumahweb.com jika anda beli domain disana, maka fitur forwarding ini bisa ditambahkan dengan server respons 301. Ketika anda sudah login ke dashboard rumahweb.com masuk ke menu daftar domain yang anda miliki lalu klik kelola domain.

Pada laman kelola domain pilih DNS Forwarding. Klik tombol activate domain forwarding. Ada kolom untuk memasukkan domain baru anda. Dan juga kolom untuk menambahkan kode meta berikut:
<meta http-equiv="refresh" content="2;url=http://example.com/" />

Share this:

Open Comments