Skip to main content

CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DAN MENGHASILKAN UANG

CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DAN MENGHASILKAN UANG


Dulu saya pernah bertanya-tanya sendiri darimana blogger mendapatkan uang hingga beberapa dari mereka memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan terkemuka lalu fokus untuk menulis di blognya masing-masing. Ternyata pertanyaan saya juga merupakan pertanyaan kebanyakan orang yang mampir di blogger lawas tersebut. Umumnya para mastah tersebut terdaftar dalam program partnership dengan perusahaan Google, Adsense namanya.

Tentunya selain blog para mastah yang berbagi bagaimana suka dukanya bekerjasama dengan google saya juga banyak membaca artikel-artikel yang membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari blog google adsense. Meskipun artikel-artikel yang ada tidak terlalu praktikal alias tidak bisa langsung dipraktekin semua tetapi paling tidak artikel-artikel dari blog resmi google adsense merupakan tangan pertama alias informasi langsung dari google dan dijamin kevalidan informasinya.

Contohnya artikel tentang pemilihan unit iklan dan penempatan iklan blog yang menghasilkan uang. Unit iklan yang direkomendasikan adalah unit iklan responsive, unit iklan berukuran 728x90 di header, unit iklan 160x600 atau unit iklan 336x280. Unit iklan dengan ukuran tadi menurut blog google adsense merupakan ukuran iklan yang paling banyak dilihat dan diklik oleh pengunjung.

Sedangkan penempatan iklan, publisher disarankan untuk meletakkannya di tempat yang terlihat jelas oleh pengunjung. Tempat iklan yang paling saya sukai berada di header dan juga di dalam artikel. Meskipun masih ada yang meletakkan iklan di sidebar blog, saya lebih suka menghindarinya.

Hanya saja kondisi publisher adsense tidak semewah dulu. Hingga adsense tidak direkomendasikan para pencari dolar yang saya temui dulu sebagai andalan penghasil uang tambahan. Banyak mastah yang merekomendasikan alternatif monetisasi blog selain adsense seperti bergabung dalam program referal sebuah produk, menjadi bagian penjualan produk dengan program affiliate atau mining cryptocurrency melalui browser.

Terus terang pencapaian-pencapaian finansial para blogger lawas tersebut menjadi motivasi bagi saya untuk membuat blog sendiri.

Mas, bisa kasih contoh blog yang menghasilkan uang?


Sebenarnya mudah saja mencari blog yang menghasilkan uang sekarang. Coba saja lihat blognya mas Sugeng di sugeng.id. Itu contoh blog yang menghasilkan uang dari menjual produk digital. Siapa sih yang meragukan kualitas template mas Sugeng? Bahkan template gratisnya pun masih diburu hingga saat ini karena kualitas templatenya yang sangat baik. Hanya saja blog mas Sugeng tidak menghasilkan uang dari Adsense.

Ada pengalaman buruk yang dialami mas Sugeng ketika memberitahu blog milik beliau yang dipasangi adsense. Seseorang melakukan sabotase dengan menggunakan pencarian terhadap kata kunci pornografi di fitur pencarian yang dipasang. Hasilnya akun adsense milik mas sugeng disuspend google meskipun beliau mencoba untuk mengajukan banding.

Dari pengalaman buruk tersebut mas sugeng memberikan sebuah tips kepada blogger yang juga publisher adsense agar menggunakan fitur pencarian google custom search yang tidak dihosting didalam blog. Langkah lain yang bisa kita lakukan adalah membatasi tampilan adsense ketika seseorang menggunakan fitur pencarian di dalam blog. Pembatasan ini maksudnya agar iklan adsense tidak muncul jika seseorang iseng melakukan pencarian di kolom yang diberikan dengan menggunakan kata kunci yang tak senonoh.

Blog saya sendiri belum bisa menjadi contoh blog yang menghasilkan uang (Kalau blog yang menghabiskan uang mungkin iya) soalnya pemasukan dari adsense baru sampai tahap verifikasi belum pada tahap menerima “gaji”. Begitu pula dengan program afiliasi dengan exabytes.

Setelah lama menekuni aktifitas blogging ini saya sadar tidak ada namanya jalan tol menuju kesuksesan (berhenti kerja untuk serius ngeblog). Tentunya ada proses yang harus kita jalani hingga mencapai posisi seperti mas Sugeng yang sudah menghasilkan lewat menjual template hasil kreasinya sendiri.

Penghasilan saya paling banter dapat orderan untuk mengulas salah satu web host Indonesia yang beralamatkan di niagahoster. Jadi ketika saya baru mendapatkan domain gratis .net dari mengikuti program GROW yang diadakan exabytes, saya mendapatkan email dari staf niagahoster yang tertarik dengan tulisan saya mereview program GROW exabytes. Dengan bayaran 200 ribu, buatblogger.net pun mendapatkan pemasukan pertama.

Jadi ada banyak cara mendapatkan uang dari website kita mulai dari sebagai publisher atau sebagai creator, tinggal bagaimana kita fokus pada pilihan yang kita gunakan.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN UANG DARI BLOG TANPA MODAL?


Ngeblog tanpa modal? Ga mungkin banget.

Pertama: Ngeblog (membuat blog, mengelola blog, dan lain sebagainya) membutuhkan modal kuota internet. Tanpa kuota internet pastinya kita tidak bisa ngapa-ngapain selain menulis di Notepad, Word, atau di Memo HP.

Bisa mas pakai wifi gratis.

Betul. Banyak warung dan café yang menyediakan fasilitas wifi gratis untuk pelanggannya. Tapi berapa lama anda akan menggunakan fasilitas wifi gratis tersebut? Pastinya terbatas kan. Entah itu bandwithnya dibatasi atau rentang waktu pemakaian wifi yang dibatasi. Trus apa bener kalau di warung atau café penyedia wifi gratis itu cuman nongkrong sambil ngetik doang? Pastinya fasilitas wifi gratis tersebut diberikan karena kita membeli sesuatu. Kalau engga beli, semoga saja Anda adalah teman pemilik warung.

The poin is…

Ga mungkin ngeblog tanpa modal. Minimal ya itu tadi. Jaringan untuk terkoneksi dengan internet pasti merupakan modal kita.

Maksudnya tidak beli domain dan hosting gan.

Nah. Itu baru pas. Bisakah kita mendapatkan uang dari blog tanpa modal beli domain dan hosting? Tentu bisa. Banyak yang sudah membuktikannya kok. Namun banyak juga blogger yang memulai dari enggak modal domain dan hosting itu akhirnya membeli domain dan hosting sendiri.

Sebelum menggunakan domain buatblogger.net saya juga memulai dengan menggunakan alamat belajarbloggingdengan.blogspot.com. Metode monetisasi juga hampir sama. Sama-sama menayangkan iklan dari google. Hasilnya jauh beda dibandingkan dengan menggunakan domain sendiri.

Jika dulu blog ini masih menggunakan subdomain bawaan dari blogger.com mungkin saya tidak akan ditawari untuk mereview produk dan layanan niagahoster dan tidak tulisan Hosting Murah Gratis Domain dan SSL tidak ada.

Meskipun saya sedikit menyesal karena memilih uang belakangan, soalnya staf niagahoster yang menghubungi saya sebenarnya menawarkan juga paket hosting dan domain gratis selama 3 bulan.

Jadi sedikit saran kalau bisa modal domain TLD dululah karena rata-rata blog yang sudah menggunakan domain sendiri lebih banyak mendapatkan job dibandingkan blog yang masih numpang. Cari saja domain murah, Achmad Zaki saja memulai bukalapak.com dengan membeli domain seharga 80 ribu. Sekarang kalau domainnya saja yang dijual harganya pasti sudah ribuan kali lipat.

Untuk hosting blog kita bisa menggunakan fasilitas yang diberikan oleh blogger.com, wordpress.com, weebly.com, wix.com dan wp inter. Semua hosting gratis yang saya sebutkan tadi gratis untuk kita gunakan.

Dari situs layanan blogging yang saya sampaikan diatas, blogger.com merupakan platform yang paling banyak direkomendasikan. Dengan banyaknya pengguna blogger.com terlihat platform ini menjadi sangat user friendly. Padahal menurut hemat saya semua sama. Panduan untuk menggunakan masing-masing platform telah dibuat oleh pengembangnya. Blogger.com kebetulan menjadi yang paling direkomendasikan karena platform tersebut merupakan bagian dari Google,Inc dan disebut-sebut paling gampang didaftarkan dalam program Adsense.

Ini kelebihan menggunakan blogger.com dibandingkan platform kedua yang paling banyak digunakan yaitu: Wordpress.com. Pada platform milik Automattic ini, kita tidak bisa menggunakan adsense dengan mudah karena nantinya kita tidak bisa menyimpan kode untuk menampilkan iklan di dalam tema yang kita gunakan kecuali kita mengupgrade layanan blog gratis yang kita gunakan menjadi layanan bisnis.

Pilihan terakhir (mengupgrade paket free ke bisnis) tentunya bukan pilihan kita yang baru ngeblog. Jadi bagi pengguna platform gratis dari wordpress.com, pilihan paling realistis untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan bergabung dengan program afiliasi seperti saya yang membantu menjual produk-produk exabytes. Alternatif lain dari monetisasi di wordpress.com adalah menjual produk sendiri. Mekanisme transaksi yang umum saya saksikan adalah transfer bank.

Wix.com dan Weebly.com merupakan alternatif layanan blogging gratis yang sangat jarang dibahas oleh para mastah. Kelebihan dua layanan ini (selain gratis untuk digunakan) adalah bisa didaftarkan untuk program adsense. Bagi teman-teman yang tidak memiliki keinginan untuk belajar ilmu koding, menempatkan kode iklan adsense bahkan lebih dimudahkan lagi dengan hanya salin tempel kode adsense yang didapat dalam sebuah template atau box yang disediakan.

Jadi jelas jika mendapatkan uang dari blog itu bukan tanpa modal sama sekali. Tapi hanya bermaksud pada tidak membeli domain dan hosting sendiri.

Cara Membuat Blog Pribadi Menjadi Personal Branding Yang Menguntungkan


Saya memulai dengan membuat blog pribadi dengan menggunakan platform blogger.com. Alasan saya menggunakan blogger.com karena banyaknya tips dan panduan yang bisa saya dapatkan.

Banyak tutorial membuat blog gratis dan menghasilkan uang menyarankan agar kita memilih untuk membuat blog otoritas atau blog niche. Untuk menghasilkan blog otoritas kita harus melakukan riset yang cukup panjang dan pelik. Mulai dari riset pasar dengan kata kunci hingga membuat konten berdasarkan kata kunci yang kita tentukan.

Menurut saya jika harus memulai dengan hal-hal pelik seperti itu akan membuang-buang waktu yang bisa membuat kita menjadi malas membuat konten. Belum lagi jika harus membeli domain yang kemungkinan besar sudah dimiliki oleh orang lain atau bekas pakai yang tidak diketahui riwayat penggunaannya.

Makanya saya lebih memilih membuat blog pribadi. Isinya akan lebih bervariasi namun saya akan lebih mudah mengisi blog. Mas Sugeng merupakan salah satu rujukan saya dalam membuat blog pribadi. Selain pembuat template viomagz itu rujukan saya adalah neil patel.

Blog pribadinya sudah bernilai ribuan dolar saat ini. Neil Patel berhasil membuat personal branding sebagai pakar internet marketing dan mendapatkan banyak proyek dari blog tersebut.

Jadi saya membeli domain dimana saya bisa mendapatkan nama didalamnya. Saya mulai dengan domain .com (baca: dot kom). Ternyata kandra.com sudah dimiliki oleh artis Amerika Serikat. Kemudian saya mencoba kandra.net, ternyata sudah ada juga yang memilikinya. Sebelum kandra.id (alamat blog personal saya) akhirnya saya menggunakan alamat kandrawilko.info.

Untuk platform blog saya memilih menggunakan layanan blogger.com. Alasannya karena banyak template gratis dengan desain cantik dan fitur yang canggih yang bisa saya gunakan. Belakangan malah saya mempelajari bagaimana memodifikasi template gratis tersebut. Jika template gratis menyertakan kredit link ke pembuat di seluruh laman, maka saya memodifikasinya agar kredit link hanya dari satu laman saja.

Jangan lupa mendaftarkan blog ke google search console dan google analytics. Kedua tool yang bisa digunakan secara cuma-cuma dari google sangat-sangat berguna untuk kelanjutan blog. Setelah mendaftar di kedua tool webmaster tersebut jangan lupa menyalin dan menempelkan kode yang diberikan dibagian yang telah ditentukan. Kalau salah menempatkan, pastinya akan salah juga data yang diberikan oleh google kepada kita. Data yang salah kemungkinan besar akan menyebabkan kegagalan dalam mencapai tujuan.

Modifikasi penting lainnya yang saya lakukan adalah membuat struktur data template menjadi lebih sempurna. Hal ini penting dilakukan karena akan mempermudah google dalam merayapi dan mengindeks data-data yang diperlukan untuk disajikan kepada penggunanya. Tidak hanya google, bing, yahoo, yandex dan lain-lain pun memanfaatkan struktur data tersebut.

Untuk kontennya saya memulai dengan mempublis ulang konten-konten yang sudah terbit di blog lain. Hasilnya cukup memuaskan karena blog dengan menggunakan nama sendiri ini mulai bisa bersaing dengan blog lawas yang sudah lama nangkring di pageone google untuk beberapa kata kunci.

Sekarang dengan aplikasi blogger.com yang bisa diunduh melalui Google Play, saya bisa dengan mudah memperbaharui maupun membuat tulisan baru di blog personal tersebut. Belakangan saya baru sadar kalau dengan menggunakan aplikasi resmi blogger.com itu bisa digunakan juga untuk membuat blog baru.

Bagi teman-teman yang tidak memiliki gadget seperti komputer atau laptop, bisa mengikuti cara membuat blog di hp dan menghasilkan uang dengan menggunakan aplikasi-aplikasi resmi dari layanan yang saya sebutkan tadi. Tapi aplikasi mobile pasti ada batasannya.
Apliasi Blogger contohnya: kekurangannya yang saya perhatikan terlihat dari keterbatasan untuk mengatur letak gambar. Jika kita memposting tulisan dengan menyertakan gambar melalui aplikasi, gambar tersebut di blog kita pasti akan diletakkan dibawah pada bagian akhir tulisan.

Selain itu format tulisan pun berbeda.

Ketika saya mengakses tulisan yang saya terbitkan melalui aplikasi blogger.com, didalam tab HTML saya melihat tag <p dir=”ltr”> membungkus paragraf-paragraf tulisan. Akibatnya posisi iklan adsense yang saya atur berada ditengah-tengah postingan pun jadi berubah ke lokasi dibawah gambar yang saya sertakan. Kalau saya tidak menyertakan gambar, iklan tidak akan muncul.

Kelebihan dari menggunakan aplikasi mobile blogger.com ini adalah tentang konsistensi dalam menulis dan mengupdate blog. Update disini bukan hanya menerbitkan tulisan baru, tetapi juga memperbaiki kualitas tulisan yang telah terbit dengan memberikan hal-hal baru didalamnya.

Uang Dari Blog Tambahan Motivasi Blog Saya BUKAN Motivasi Pertama Saya


Motivasi untuk menghasilkan uang dari blog tersebut bukan motivasi awal saya dalam membuat blog. Awalnya saya ngeblog hanya ikut-ikutan karena melihat ada teman yang ngeblog. Waktu itu saya baru masuk ke sebuah komunitas penulisan dan kami, anggota baru di komunitas tersebut, ditantang agar tulisan yang kami hasilkan bisa menembus surat kabar lokal. Semua teori yang saya dapatkan dari senior-senior yang sudah lebih dahulu menembus surat kabar lokal dan nasional sudah dipraktekkan, namun tulisan tak kunjung di temukan tampil di surat kabar tersebut. Hingga semangat menulis pun menurun.

Setelah mengenal blog, barulah semangat saya muncul kembali. Pasalnya di blog kita bisa dengan bebas menerbitkan tulisan tanpa harus melalui berbagai penyaringan yang terjadi ketika mengirimkan tulisan ke surat kabar yang ada. Awal ngeblog pun saya tak lantas menulis dengan panjang lebar. Tetapi blog saya lebih berupa sebuah kliping berita dan artikel yang saya suka. Seiring berjalannya waktu setelah terus menerus mengasah kemampuan menulis, saya pun akhirnya bisa membuat artikel sendiri yang diterbitkan di blog pribadi.

Semenjak menemukan blog saya mencoba untuk tidak berhenti menulis seperti teman saya yang memperkenalkannya. Motivasi untuk menulis terus dan terus selalu hadir dan motivasi tersebut kemudian bertambah dengan mengetahui ternyata ada cara untuk membuat tulisan yang sudah ada diblog menjadi ladang penghasilan tambahan. Motivasi terakhir ini yang membuat saya tetap ngeblog hingga sekarang sedangkan teman saya berhenti sama sekali menulis di blog.

Sekarang saya ingin membuat blog sebagai investasi jangka panjang sebagai bekal pensiun sebagai karyawan. Kalau bisa blog yang sudah saya kelola ini saya wariskan kepada anak saya agar nanti setelah menyelesaikan pendidikan ia tidak bingung atau khawatir dengan masa depannya. Yah itu harapan saya, mohon didoakan supaya makbul.

Cukup panjang juga saya menulis topik cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang. Semoga tulisan ini membantu teman-teman. Saya tunggu saran dan tanggapan dari teman-teman di kolom komentar.

Share this:

Newest Post
Open Comments