Skip to main content

Ini Dia 9 Pemenang Kompetisi Blog #BukaInspirasi BukaLapak dan Beberapa Catatan

Ini Dia 9 Pemenang Kompetisi Blog #BukaInspirasi BukaLapak dan Beberapa Catatan

Kompetisi blog #BukaInspirasi Buka Lapak telah berakhir. Kompetisi yang berhadiah total 61 juta rupiah tersebut sudah mendapatkan beberapa nama sebagai pemenang untuk tiga kategori yang diperlombakan. Sayang sekali saya tidak termasuk dalam daftar pemenang kompetisi tersebut. Pasalnya saya masih galau dengan keputusan tetap menggunakan domain buatblogger.net atau menggunakan subdomain web.kandra.id. Paling tidak saya bisa belajar dari kekalahan ini dengan mengintip bagaimana kualitas artikel dan tampilan dari masing-masing pemenang untuk kompetisi blog coba sosiago influencer marketing.

Berikut nama pemenang kompetisi buka blog kategori Blogger Terbaik

Juara 1: Sertifikat + Saldo BukaDompet Rp 12.000.000,-
Nama : Aminnatul Widyana
https://www.amiwidya.com/2018/08/bukainspirasi-era-revolusi-industri-4.0.html

Artikel dari Amminatul Widyana ini sangat panjang. Tulisannya runut dan enak dibaca. Selain itu ia juga memberikan sebuah testimoni pengalaman berbelanja di bukalapak. Produk pun tidak luput untuk dibahas walaupun hanya sebagai perkenalan saja kepada pembaca blog. Terakhir emak blogger satu ini memberikan inspirasi layanan baru bagi platform marketplace Buka Lapak.

Platform blogger.com + custom domain, template responsif

Juara 2: Sertifikat + Saldo BukaDompet Rp 8.000.000,-
Nama : Christian Evan Chandra
https://officialcevanideas.wordpress.com/2018/08/12/bukainspirasi-dan-kembangkan-diri-untuk-berwirausaha-dengan-dirikan-ukm-di-bukalapak/

Artikel yang juga panjang dari mas Christian Evan Chandra mungkin lebih mendekati motivasi sekaligus tindakan praktis agar seseorang bisa mulai berdagang. Dari artikel beliau ini saya pribadi mulai termotivasi untuk kembali aktif sebagai Agen Bukalapak. Mulai dari yang sederhana dengan berjualan pulsa lalu lanjut untuk membeli barang secara grosir. Satu hal lagi yang saya perhatikan dalam laman konten yang menjadi juara kedua di kompetisi bukablog bukalapak ini. Ada video tutorial untuk beberapa pilihan memulai bisnis. Video ini berasal dari youtube dan tentunya mas Christian bekerjasama dengan baik dengan rekan-rekan vloggers.

Platform: wordpress.com

Juara 3: Sertifikat+ Saldo BukaDompet Rp 5.000.000,-
Nama : Duljani
https://www.doel.web.id/2018/08/buka-inspirasi-bukalapak.html

Artikelnya merupakan sebuah tulisan dari video resmi bukalapak yang membuka inspirasi setiap anak yang memiliki impian memajukan masyarakat didaerahnya. Tulisan yang berdasarkan video ditulis dengan teknik yang sangat bagus,hingga saya merasa hanyut dalam paparannya tentang keteguhan seorang anak Kanekes yang rela berjalan jauh hanya untuk mendapatkan sinyal demi menjual barang-barang kerajinan yang diproduksi oleh masyarakat kampungnya.

Platform: blogger.com + custom domain, template responsif

Kriteria blogger terbaik dalam kompetisi blog bukalapak menurut laman resminya adalah sebagai berikut:
  • Referral terbanyak
  • Kualitas konten
  • Kualitas landing page

Untuk nama pemenang dengan kategori Kanal Organik Terbaik

Juara 1: Sertifikat + Saldo BukaDompet Rp 8.000.000,-
Nama : Masruro
https://www.kangmasroer.com/2018/09/buka-inspirasi-menggapai-mimpi.html

Juara 2: Sertifikat + Saldo BukaDompet Rp 5.000.000,-
Nama : David Lukmanul Hakim
https://www.infohpmurah.com/2018/09/sukses-menjadi-wirausahawan-muda.html

Juara 3: Sertifikat+ Saldo BukaDompet Rp 3.000.000,-
Nama : Firmansyah
https://bangfirman.com/2018/09/21/cerita-sahabat-bukainspirasi-usaha-bersama-bukalapak/

Kriteria kanal organik terbaik disebutkan jumlah potensi trafik tertinggi berdasarkan perhitungan ahrefs per tanggal 30 september 2018 pukul 23.59 WIB. Untuk pemenang kanal organik terbaik ini saya tidak bisa membahasnya terlalu dalam. Pastinya para pemenang merupakan mastah dalam hal search engine optimization. Dan secara pribadi saya ingin belajar mengoptimasi website dari ketiga pemenang diatas. Platform yang digunakan para pemenang 1 dan 2 saya asumsikan blogger.com, sedangkan untuk pemenang ketiga adalah wordpress yang host sendiri.

Ini yang paling saya rekomendasikan. Daftar pemenang kompetisi #bukainspirasi kategori Konten Terkreatif

Juara 1: Sertifikat + Saldo BukaDompet Rp 5.000.000,-
Nama : Mugniar Marakarma
https://www.mugniar.com/2018/08/bukainspirasi-pentingnya-pelaku-umkm-berkomunitas.html

Tulisan dari penulis pasti enak dibaca ya kan. Pantaslah emak blogger satu ini bisa menyabet konten kreatif. Meski saya harus akui kalau dalam soal tampilan saya lebih suka blognya kang Amir. Karena bukan tampilan yang menjadi fokus penilaian maka 33 like yang ia dapatkan dari tulisan ini menjadi ukuran sebaran link tulisan menjangkau banyak orang. Itu baru like-nya facebook ya belum icon add this yang mendapatkan sebaran sebanyak 17 kali.

Juara 2: Sertifikat + Saldo BukaDompet Rp 3.000.000,-
Nama : Amir Mahmud
https://kangamir.com/2018/09/16/buka-inspirasi-bersama-bukalapak/

Tulisan Kang Amir berasal dari pengalamannya sendiri dalam memulai berjualan di bukalapak. Malah saya ingin belajar dari beliau. Produk serut layangan sama sekali tidak terpikirkan oleh saya. Tetapi bagi penggemar layangan seperti Kang Amir produk ini merupakan solusi bagi para penggemar hobi yang sama. Seperti yang saya sampaikan diatas, blog kang Amir ini sangat kreatif. Saya berasumsi jika kang Amir menggunakan plugin Gutenberg dalam membuat kontennya. Kang Amir pun seperti tidak takut usahanya memiliki saingan. Tutorial membuat alat serut pun ia berikan kepada pembaca blognya. Masukan yang diberikan kang amir kepada bukalapak pun berasal dari pengalamannya dalam berjualan. Semoga saja tim bukalapak bisa mendengar dan memberikan solusi atas saran yang diberikan oleh kang Amir.

Juara 3: Sertifikat + Saldo BukaDompet Rp 2.000.000,-
Nama : Adi Pratama Putra P
http://www.berbingkai.com/2018/09/bukainspirasi-untuk-90-hari-pertama-ukm.html

Konten berbingkai ini cukup unik. Berbekal dengan blog dengan template notable (template bawaan blogger) Adi Pratama Putra P bisa memenangkan kompetisi bukablog. Bukan templatenya yang membuatnya menang sebagai juara 3 kompetisi blog bukalapak. Tapi penjelasannya tentang 90 hari dalam menjalankan bisnis ukm sangat-sangat ilmiah. Tulisannya malah memiliki referensi ke buku-buku bisnis yang entah kapan saya bisa membacanya.

Kriteria konten terkreatif adalah sharing terbanyak (facebook dan twitter) dan ide terunik untuk Bukalapak.

Catatan
  • Platform blog tidak masalah, yang penting tampilannya enak dilihat dan juga mobile friendly.
  • Tulis dengan lengkap dan enak dibaca. Bukan sekedar panjang dan bertele-tele.
  • Lengkapi tulisan dengan gambar dan video.
  • Berikan pengalaman untuk betul-betul menginspirasi bukan sekedar ngejar halaman satu google.

Catatan saya setelah mengikuti kompetisi tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Jangan pernah ganti domain ditengah lomba.
  2. Lebih aktif bersosialisasi dengan teman dan sahabat untuk menjaring like untuk konten yang kita bagikan di media sosial
Setelah belajar dari para pemenang kompetisi buka inspirasi bukalapak ini semoga saja peruntungan saya untuk tahun depan dalam mengikuti even serupa bisa lebih baik.

Share this:

Open Comments