Skip to main content

Influencer Marketing: Cara Brand Meningkatkan Audience dan Penjualan

Influencer Marketing: Cara Brand Meningkatkan Audience dan Penjualan

Banyak diantara kita yang masih belum mengetahui apa itu influencer marketing. Meskipun begitu kita sudah paham dengan istilah endorse. Bagaimana kita, blogger Indonesia, bisa mendapatkan penghasilan dari konten yang kita buat melalui trend influencer marketing yang mulai marak sekarang? Dan bagaimana perbandingannya (baca:dalam hal penghasilan) dengan program periklanan yang sudah populer?



Disini saya akan mengajak teman-teman untuk memahami apa itu influencer marketing sebelum memutuskan untuk ikut bergabung dalam trend atau tidak mau ikut-ikutan sama sekali.



Influencer itu apa sih?

Influencer berarti orang yang memberi pengaruh. Kata ini berasal dari bahasa Inggris influence yang berarti pengaruh.



Dalam media sosial seorang influencer adalah orang-orang yang memiliki banyak pengikut dikarenakan berbagai hal. Orang bisa mengikuti sebuah akun media sosial dikarenakan banyak faktor:
  • informasi yang ada didalamnya (contoh akun instagram lambe turah dengan info gosip terbaru mengenai selebritis Indonesia).
  • Panduan praktis seperti blog panduanim.com yang banyak berisi ilmu mengenai digital marketing.
  • Video review sebuah produk yang dapat dilihat dari proses unboxing hingga pemakaian di channel-channel youtube.
  • Buzzer twitter yang ribut tentang sesuatu hingga dengan meletakkan hashtag (#) seperti peristiwa #212, #411, dan #jokowilagi atau #2019GantiPresiden
Fenomena orang berpengaruh yang bisa menggerakan para pengikut di media sosial yang mereka miliki membuat para pemillik memanfaatkan jasa mereka (baca: influencer). Dengan teknologi informasi yang semakin canggih, dibanding membangun awareness pada target market yang jumlahnya besar, para pemilik brand mengiklankan barang dan layanan mereka dengan bantuan influencer tersebut.



Wikipedia menulis pengertian influencer marketing adalah sebagai
Form of marketing in which focus is placed on influential people rather than the target market as a whole on social media. Wikipedia.
Pengertian dari wikipedia tentang influencer marketing adalah salah satu bentuk marketing yang khusus ditempatkan pada orang-orang berpengaruh daripada keseluruhan target market di media sosial.



Bagi para pengguna instagram mungkin sudah paham dengan yang namanya endorser. Yaitu sebuah akun media sosial yang kontennya tidak hanya tentang gambar yang indah tetapi juga ada produk yang disebutkan didalamnya untuk ditawarkan kepada para pengikut akun media sosial tersebut.



Bagaimana perkembangan influencer marketing di Indonesia?

Indonesia sendiri dikenal sebagai pangsa pasar yang sangat potensial untuk setiap brand di dunia. Produk apa saja Mulai dari produk internasional paling mahal hingga produk yang hanya bisa dijangkau oleh masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah. Karena potensi market yang besar di Indonesia perkembangan Influencer marketing indonesia mulai besar. Saat ini sudah banyak platform influencer marketing yang bermunculan di Indonesia, salah satunya adalah Sosiago.id



Sosiago atau dulunya bernama Iblogmarket adalah salah satu influencer marketing hub yang menghubungkan antara influencer dan advertiser pemilik brand. Cara kerja di sosiago tidak jauh berbeda dibandingkan dengan cara kerja iblogmarket. Salah satu fitur yang paling menonjol yang saya lihat pada pembaruan yang dilakukan PT Optify Intermedia Pratama adalah kita bisa mengontrol aset digital yang didaftarkan. Sekarang kita bisa menghapus blog yang kira-kira tidak profitable atau yang jarang mendapatkan task dari sosiago. Dulu untuk menghapus blog yang tidak pernah mendapatkan sponsored content saya harus menghubungi admin melalui menu ticket di dashboard.



Cara Bermain Iblogmarket (SosiaGo Influencer Marketing): Accept, Edit, Post, Laporkan

Cara bermain di iblogmarket juga sepenuhnya diubah di sosiago. Kita boleh untuk mendaftarkan beberapa blog yang sudah didaftarkan dan diverifikasi untuk mengikuti kampanye iklan yang sedang berjalan. Untuk mendapatkan task dari salah satu advertiser kita harus menunggu dengan sabar namun setelah advertiser memilih blog kita untuk menerbitkan artikel bersponsor milik mereka, jangan ditunda-tunda penerbitannya.



Cukup olah kata dari artikel yang disediakan oleh advertiser agar sesuai dengan kata-kata kita lalu tambahkan gambar dan video yang relevan dengan artikel. Terbitkan tulisan sponsor tadi dan segera laporkan ke advertiser melalui fitur task di menu dashboard.



Jika advertiser sudah meneliti artikel yang dipublish dan tidak ada permintaan untuk merubah, maka kita (baca:influencer) akan mendapatkan notifikasi jika pembayaran atas task yang diberikan telah masuk ke dalam saldo pembayaran. Tapi pembayaran atas iklan tersebut tidak bisa langsung kita terima, pihak sosiago akan membayarkannya di bulan depan setelah task. Jadi misalnya kita mendapatkan task untuk review produk bulan Oktober, pembayaran akan dilakukan di minggu pertama atau minggu kedua di bulan November.



Pengalaman saya dengan iblogmarket, platform sebelum sosiago.id, jika kita rajin dalam hal pengerjaan task tidak ditunda-tunda bahkan sampai expired. Penghasilan yang akan kita terima akan lebih besar dibandingkan menjadi publisher adsense. Jika teman-teman juga menayangkan iklan adsense di konten bersponsor tidak perlu risau dengan kehadiran artikel tersebut karena adsense juga akan menyesuaikan materi iklan dengan artikel yang ada.



Kalau teman-teman khawatir dengan tampilan iklan adsense akan menurunkan karena ikut dalam content placement maka solusi yang bisa saya berikan adalah dengan memfilter kemunculan kode adsense untuk setiap artikel sponsor. Kode ini saya gunakan di blog saya yang lain dan berhasil:

<b:if cond='data:view.isPost'>
  <div id='adsense-content' style='display:block;text-align: center'>
<b:loop index='item' values='data:post.labels' var='label'>
  <b:if cond='data:item in [0] and data:label.name not in ["NAMA LABEL"]'>
// KODE ADSENSE DISINI
<b:elseif cond='data:item in [0] and data:label.name in ["NAMA LABEL"]'/>
// KODE SELAIN ADSENSE DISINI
  </b:if>
</b:loop>
</div></b:if>


Take Out Artikel Influencer Marketing Buat Blogger Yang Tertarik

Trend menggunakan influencer dalam meningkatkan awarenes sebuah produk atau perusahaan kedepannya akan semakin meningkat. Bagi teman-teman yang sudah memiliki traffic namun belum mendapatkan penghasilan untuk melakukan maintainance blog (seperti membayar perpanjangan domain) bergabung dengan platform influencer marketing seperti sosiago adalah solusinya.
Dalam mendapatkan task pertama dari sosiago (yang berasal dari partner advertiser platform yang dulu bernama iblogmarket) kesabaran sangat dibutuhkan. Menunggu advertiser untuk mempercayakan blog kita dalam bekerjasama tidaklah instant karena advertiser adalah orang bukan bot yang bisa diprogram.




Setelah mendapatkan iklan sponsor pertama, tingkatkan kepercayaan brand dalam menggunakan layanan kita dengan menyelesaikan task dalam waktu singkat.




Semoga artikel tentang influencer marketing kali ini bisa bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Share this:

Open Comments