Skip to main content

Cara Mengganti Domain Blogspot Gratis dan "Menghindari Pesan Kesalahan 14"

Cara Mengganti Domain Blogspot Gratis dan "Menghindari Pesan Kesalahan 14"

"Kami tidak dapat memverifikasi otoritas anda untuk domain ini. Kesalahan 14".

Pernah mendapatkan pesan tersebut saat melakukan custom domain blogspot? Semoga saja tidak. Tapi tidak jarang pesan tersebut akan keluar ketika kita akan mengkustom alamat blog yang kita miliki di blogger. Jika Anda mendapatkan pesan tersebut semoga tulisan ini bisa memberikan solusi.

Kita mulai dengan diagnosa.

Kenapa pesan tersebut muncul. Setidaknya dari artikel gudang cara bisa menjelaskan penyebab pesan error yang anda dapatkan saat melakukan custom domain di blogger tersebut.

Inti permasalahannya terletak pada sifat ketidaksabaran blogger itu sendiri dalam menyelesaikan langkah-langkah custom domain. Padahal seperti yang lain baik penyedia domain maupun akun blogger butuh waktu untuk terhubung. Jadi ibaratnya ketika kita ingin menelpon seseorang yang kita menekan nomor telpon yang dituju lalu kemudian menunggu agar hubungan antara telpon kita dan telpon orang yang dituju saling sambung. Setelah telpon kita menyambung pun kita akan menunggu orang yang dihubungi untuk mengangkat telpon.

Hal yang sama berlaku untuk custom domain. Ketika kita sudah membayar domain yang kita pilih dan sudah aktif untuk digunakan, kita harus menunggu agar domain tersebut terhubung dengan akun blog yang kita miliki. Istilah untuk menunggu ini dikenal dengan nama propagasi.

Jika Anda membeli domain di rumahweb, maka anda dapat melakukan custom domain blogspot dengan satu klik tombol dan juga menambahkan kode cname unik. Saya sangat menyarankan untuk membeli domain di rumahweb karena kemudahan yang mereka berikan tersebut.

Cara mengetahui agar domain sudah melekat dengan server host di blogger.com kita dapat mengecek melalui situs-situs berikut:

  1. App Synthetic Monitor
  2. DNS Checker
  3. Ceipam.eu DNS Look Up
  4. ViewDNS.info
  5. Whatsmydns.net
  6. intoDNS

Saya tidak akan membahas secara detail bagaimana cara menggunakan situs-situs diatas untuk mengetahui propagasi domain ke blogger.

Website yang saya gunakan untuk cek dns adalah whatsmydns.net. Cara menggunakannya cukup mudah. Kita cukup mengetikkan alamat domain di kotak pencarian yang disediakan situs tersebut. Setelah itu kita akan diperlihatkan beberapa server dimana alamat perubahan hosting kita sudah dikasih tahu ke server mana saja. Gambar diawal tulisan menjadi contoh bagaimana setiap komputer didunia diinformasikan perihal alamat dan perubahan yang kita lakukan.

Jika di suatu negara alamat baru blog anda ditandai dengan tanda ceklis berwarna hijau, hal tersebut menunjukkan kalau server di negara tersebut sudah diberitahu tentang perubahan hosting yang telah kita lakukan. Jadi pengunjung yang menggunakan server dari negara tersebut bisa langsung menikmati artikel-artikel yang telah kita terbitkan.

Jika di suatu negara anda melihat tanda silang berwarna merah, berarti server tersebut masih belum memproses perubahan alamat yang anda lakukan.

Standarnya sebuah alamat baru yang diinformasikan ketika terjadi perubahaan membutuhkan waktu 1 hingga 3 hari. Namun standar ini tidak bisa juga dijadikan patokan karena bergantung pada kecepatan server yang terdapat di host google dalam memberikan informasi tentang perubahan tersebut ke server-server terdekat.

Jadi intinya: setelah domain kamu aktif dan kamu melakukan langkah-langkah cara mengganti domain blogspot, cek dulu status propagasinya di situs-situs diatas, saya sendiri sering menggunakan situs whatsmydns.net, barulah setelah propagasi selesai kita bisa melanjutkan proses menghubungkan domain ke blogspot dan pesan kesalahan 14 bisa kita hindari.

Share this:

Newest Post
Open Comments